Harimau Sumatera Kembali Masuk Kampung di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 09 Apr 2019 14:11 WIB
Ilustrasi Harimau (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru - Harimau liar Sumatera dalam sepekan terakhir dilaporkan berkeliaran di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Tim konservasi pun diterjunkan ke lokasi.

"Kita menerima kabar dari perangkat desa bahwa dalam sepekan ini ada harimau liar masuk ke permukiman penduduk," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono kepada detikcom, Selasa (9/4/2019).

Haryono menjelaskan, berdasarkan laporan dari pihak perangkat desa, harimau liar ini sempat menyerang ternak sapi warga. Karena itu, pihak warga desa meminta agar tim BBKSDA Riau diterjunkan ke lokasi.


"Dalam laporan yang kita terima, jejak tapak harimau ada di sekitar desa tersebut. Karena itu, kita hari ini menurunkan tim ke lokasi," kata Haryono.

Hanya, menurut dia, untuk menuju lokasi desa tersebut lumayan jauh. Selain menggunakan kendaraan roda empat, selanjutnya tim akan menggunakan transportasi sungai dengan kapal.

"Lokasinya lumayan jauh, dan untuk menuju lokasi desa harus menggunakan jalur sungai dengan menggunakan kapal," kata Haryono.


Pihak BBKSDA Riau akan mengambil langkah untuk berkoordinasi dengan perangkat desa. Melakukan cek lokasi.

"Tetapi petugas yang kita berangkat ke sana belum sampai. Kemungkinan sore baru sampai ke lokasi," kata Haryono.

Menurutnya, tim yang ditugasi pantau lokasi nantinya akan memasang kamera trap. Selain itu, melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak melakukan tindakan yang membahayakan harimau.

"Kita harapkan kerja sama yang baik dengan tim di lapangan. Nanti laporan selanjutnya akan saya kabari kalau tim kita sudah sampai ke lokasi," tutup Haryono. (cha/rvk)