JK Nilai Strategi Jokowi dan Prabowo Sama, Sasar Pemilih Islam

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 09 Apr 2019 12:58 WIB
Capres Jokowi dan Capres Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan strategi Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto sama di Pilpres 2019. JK menilai kedua capres menyasar target sama, yaitu pemilih muslim.

Hal tersebut disampaikan JK saat ditanya soal surat Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Prabowo agar kampanye tidak eksklusif. JK menilai apa yang disampaikan SBY bagus.

"Ya itu masalah internal lah nomor 02. Saya kira apa yang disampaikan itu bagus. Supaya kita berbeda dalam cara, tapi tetap bersatu, dalam mengemukakan dalam kampanyenya. Ini surat Pak SBY ini sebagai pemimpin bagus," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).


JK kemudian menjelaskan strategi Jokowi dan Prabowo sama. Menurutnya, kedua menyasar suara pemilih muslim.

"Walaupun juga dalam kampanye ini orang mengambil, punya strategi-strategi sendiri-sendiri yang berbeda-beda. Jadi strategi umum kedua calon itu, strategi Islami. Pemilihan Islam," jelas JK.

JK mengatakan Jokowi memilih cawapres ulama untuk memilih pemilih muslim. Namun cara yang dipakai kedua capres dinilai berbeda.

"Pak Jokowi ambil ulama, itu dia ingin dekat dengan pemilih Islami kan. Kemudian yang satu menggunakan simbol-simbol Islam yang sangat keras. Salat subuh, macam-macam. Itu dua-duanya memakai strategi yang sama. Tapi caranya berbeda," paparnya.


Sebelumnya, dalam surat itu, SBY pada Sabtu, 6 April 2019, mengaku mendapat informasi yang mengandung kebenaran mengenai kampanye akbar Prabowo-Sandiaga di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (7/4). SBY menyebut kampanye akbar Prabowo-Sandi mengandung unsur ketidaklaziman.


Saksikan juga video 'Perang Identitas Narasi Jokowi Vs Prabowo Jelang Injury Time':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/idh)