detikNews
Selasa 09 April 2019, 10:04 WIB

RSUD Banten Sediakan Ruang Isolasi untuk Caleg Stres

Bahtiar Rifa'i - detikNews
RSUD Banten Sediakan Ruang Isolasi untuk Caleg Stres RSUD Banten (Foto: Bahtiar/detikcom)
Serang - Pihak RSUD Banten menyiapkan 4 ruang isolasi khusus untuk caleg gagal lalu stres pasca-Pemilu 2019 nanti. Manajemen juga akan memberikan rujukan ke rumah sakit jiwa di Grogol jika si caleg ternyata tak bisa tertangani.

Plt Dirut RSUD Banten Susi Badriyanti mengatakan 4 ruang isolasi biasanya digunakan untuk pasien infeksi yang parah. Namun ruang itu bisa dikondisikan jika kemudian ada caleg yang datang karena stres.

"Kita sesuaikan dengan keadaan, misalkan (caleg) stres, kita simpan di ruang isolasi," kata Susi saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon di Serang, Banten, Selasa (9/4/2019).


RSUD Banten sendiri memiliki kapasitas 127 ruangan untuk pasien. Selama ini, pihak rumah sakit pernah menangani pasien yang terkena gangguan jiwa. Tapi memang menurutnya pasien kategori ini belum pernah ditempatkan di ruang isolasi.

Jika nanti ternyata ada caleg stres datang dan membeludak, mereka memanfaatkan ruang isolasi sebagai tempat penampungan dan rehabilitasi pasien.

"Akan kita terima kita tidak boleh menolak pasien tapi kami sesuaikan dengan kondisi rumah sakit," paparnya.


Beberapa kali, Susi menambahkan, RSUD Banten juga telah bekerja sama dengan RSJ Grogol dalam hal penanganan pasien dengan gangguan jiwa. Saat pasien jenis ini tak tertangani di daerah, maka mereka akan langsung dirujuk untuk mendapatkan perawatan di Jakarta.

"Jika tak ada perbaikan, kita konsultasi di sana dan bisa dirujuk," katanya.


Saksikan juga video 'Rumah Sakit Jombang Siapkan Kamar Khusus untuk Caleg Stres':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com