Mobil Pengangkut Logistik Terbakar di Malaysia, 900 Surat Suara Hangus

ADVERTISEMENT

Mobil Pengangkut Logistik Terbakar di Malaysia, 900 Surat Suara Hangus

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 08 Apr 2019 23:36 WIB
Ilustrasi (Foto: dok. Humas Polres Bogor)
Jakarta -

Mobil pengangkut surat suara Pemilu 2019 terbakar di Sandakan, Malaysia. Sebanyak 900 surat suara dilaporkan ikut terbakar.

"Kurang-lebih 900 surat suara. Terbakar sendiri, kecelakaan tunggal, tidak tabrakan," ujar Ketua Kelompok Kerja Pemilu Luar Negeri (Pokja PLN) Wajid Fauzi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Wajid menyebut mobil pembawa logistik ini terbakar saat menuju ke wilayah pemilihan dengan metode kotak suara keliling (KSK). Kecelakaan terjadi pada perjalanan dari Kinabalu menuju wilayah Sandakan.

"Dalam perjalanan menuju KSK. Itu dari Kinabalu dibawa ke Sandaka," tuturnya.

Informasi mobil yang terbakar ini diterima Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pada 7 April 2019. Dia menyebut sebanyak 6 kotak suara dari 3 KSK terbakar.



"PPLN Kota Kinabalu telah menerima laporan bahwa terdapat sebuah kendaraan sewa petugas KPPSLN yang terbakar ketika dalam perjalanan pulang kembali ke perkebunan sawit," ujar Wajid.

"Di dalam kejadian tersebut, turut terbakar 6 buah kotak suara dari 3 KSK di wilayah kerja perusahaan sawit IJM (1 KSK) dan Meridian (2 KSK)," sambungnya.

Menurut Wajid, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada KPU. Dia meminta KPU segera mencukupi kembali kebutuhan logistik bagi pemilih luar negeri.

"Sudah ke KPU, kami dorong ke KPU untuk segera tercukupi," kata Wajid.



(dwia/fdn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT