Atasi Macet, Gubernur Sumsel Imbau PNS Naik Angkutan Umum

Atasi Macet, Gubernur Sumsel Imbau PNS Naik Angkutan Umum

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 08 Apr 2019 14:43 WIB
Ilustrasi/ Palembang, Sumsel/Foto: Raja Adil Siregar-detikcom
Ilustrasi/ Palembang, Sumsel/Foto: Raja Adil Siregar-detikcom
Palembang - Pemprov Sumatera Selatan meminta pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Palembang, agar naik angkutan umum.

"Ini sebagai upaya dalam melaksanakan dan menegakkan komitmen pemerintah terutama dalam mengatasi kemacetan, mengurangi polusi udara serta menekan angka kecelakaan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Nelson, Senin (8/4/2019).

Dengan begitu, Pemprov menyarankan seluruh PNS menggunakan sarana dan prasarana angkutan umum seperti LRT, Trans Musi dan angkutan kota. Sebulan sekali PNS wajib naik angkutan umum untuk berangkat atau pulang kerja.





"Kami telah menyerahkan iimbauan ini kepada seluruh OPD di Palembang dan untuk sanksinya tergantung dari setiap instansi. Sebulan sekali PNS harus naik angkutan umum, ada LRT, angkot sama Trans Musi yang bisa dipakai," katanya.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Gubernur Sumsel, Herman Deru pada 20 Maret 2019, tercantum jadwal para PNS dan honorer harus naik angkutan umum. Jadwal itu pun mulai berlaku sejak awal April dari hari Senin-Jumat.

"Sudah kami buat jadwal kapan mereka (PNS) harus naik angkutan umum. Jika berjalan dengan baik, coba udah berapa banyak PNS naik angkutan umum. Saya rasa sangat bermanfaat dan nanti akan terbiasa," kata Nelson.

"Sejak 1 April sudah berlaku, sekarang sudah jalan. Sejauh ini berjalan lancar dan tidak ada kendala karena angkutan sudah terintegrasi seluruhnya, kalau ke kantor tidak bisa pakai LRT ya pakailah Trans Musi, atau pakai angkot supaya terbiasa," kata Nelson. (ras/fdn)