KPU Terganggu Hoax 'Server Di-setting Menangkan Jokowi'

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 08 Apr 2019 13:50 WIB
Arief Budiman (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - KPU RI membantah ada kebocoran pada server mereka untuk Pemilu 2019. KPU memastikan server mereka tidak di-setting untuk memenangkan salah satu pasangan calon di Pilpres.

"Kan saya tahu servernya belum digunakan untuk mengerjakan setting-setting begitu. Lho nggak bocor, nggak bocor," kata ketua KPU, Arief Budiman di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).



Arief mengatakan pihak yang menyebarkan hoax tentang server KPU itu sudah ditangkap polisi. Hoax tersebut, kata Arief, mengganggu kerja KPU.

"Hari ini saya mendapat konfirmasi dari kepolisian katanya sudah ditangkap yang menyebarkan hoax KPU melakukan curang men-setting servernya untuk kemenangan paslon tertentu," ujarnya.

"Ini mengganggu kita, kita laporkan dan hari ini kabarnya udah ditangkap, siang ini mereka akan bertemu dengan kita," imbuhnya.


Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap dua orang, pria dan wanita, buzzer hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'. Keduanya juga telah ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoax.

"Dua tersangka yang melakukan penyebaran berita hoax baik yang bersangkutan sebagai kreator maupun buzzer. Yang satu ditangkap di Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu dini hari, satu lagi tersangka yang ditangkap di Lampung," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).


Saksikan juga video 'Mendagri soal Isu Server KPU Disetting: Hoax Sudah Tidak Zaman':

[Gambas:Video 20detik]

(abw/imk)