DetikNews
Senin 08 April 2019, 08:07 WIB

Round-up

Hoax Pilpres RI Senggol Presiden Turki

Tim detikcom - detikNews
Hoax Pilpres RI Senggol Presiden Turki Foto: Foto hoax Erdogan Dukung Prabowo. (AFP Fact Check)
Jakarta - Hoax di seputaran Pemilihan Presiden RI 2019 juga ikut menyeret Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Sebuah foto Erdogan yang menunjukkan jari khas pendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga diedit dan disebar di dunia maya.

Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), menelusuri foto yang menunjukkan Erdogan mendukung Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 itu, dan membuktikan kabar yang tersebar via gambar di internet itu adalah salah.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4/2019), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, "Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres."

Tulisan itu menimpa foto Erdogan yang sedang tersenyum sambil mengangkat tangan kanan, menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Di sudut kanan ada tulisan Prabowo-Sandi, dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan.

"Sebuah gambar telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," tulis AFP.

Hoax Pilpres RI Senggol Presiden TurkiFoto: Foto hoax Erdogan Dukung Prabowo. (AFP Fact Check)
Informasi klaim dukungan Erdogan untuk Prabowo Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil pemalsuan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

Unggahan Facebook yang menampilkan Erdogan itu dipublikasikan pada 28 Maret 2019 dan telah dibagikan sebanyak 9.400 kali. Akun Revi Sukma yang mengunggah gambar itu menyertakan tulisan, "Prabowo-Sandi dinanti dunia."


Pencarian Google reverse image dan pencarian lewat kata kunci tertentu telah menyingkap gambar palsu ini. Gambar ini diambil dari gambar asli yang diunggah anggota DPR dari Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019 di akun Instagramnya. Gambar aslinya adalah foto berwarna, menampilkan Sandiaga dan Harsya duduk bersebelahan dalam pesawat, dan keduanya mengacungkan salam dua jari dengan tangan kanan.

Dalam gambar menyesatkan yang dibagikan di Facebook, wajah Erdogan telah ditempelkan ke foto badan Sandiaga di foto aslinya. Kemudian, foto berwarna itu diubah menjadi hitam dan putih. Nampak gelang warna putih Sandiaga tak berubah meski wajah Sandiaga telah diganti dengan wajah Erdogan. Kaus yang dikenakan Sandiaga juga tetap sama, yakni bernomor 02 di pundak. Nomor itu adalah nomor urut capres Prabowo-Sandiaga.

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax BelakaFoto: Foto hoax Erdogan Dukung Prabowo. (AFP Fact Check)

Ada tulisan "PhotoGrid" di pojok kanan bawah. Itu adalah nama aplikasi penyunting foto. PhotoGrid, sebagaimana deskripsi yang tertera di Google Play, adalah aplikasi yang digunakan untuk senang-senang dan hasilnya bisa dibagikan di media sosial.

Pencarian di Google dengan kata kunci "Erdogan" menuntun pada gambar asli wajah Erdogan yang digunakan sebagai 'bahan mentah' gambar sesat itu. Gambar asli Erdogan berasal dari foto terbitan majalah Forbes, namun gambar itu telah dipotong, diputar, dan dibikin hitam-putih. Namun sedikit jambul Sandiaga masih bisa terlihat di balik kepala Erdogan yang ditempelkan di gambar palsu itu.

Menanggapi temuan AFP itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menegaskan foto hoax itu bukan dari mereka.

"Nggaklah, nggak dari BPN gitu-gitu," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade, kepada wartawan, Minggu (7/4).

Andre mengatakan dirinya tak tahu siapa yang menyebarkan foto hoax tersebut. Lagi pula, kata Andre, foto tersebut tanpa dibongkar AFP pun pasti sudah diketahui merupakan editan.

"Facebook itu kan kita nggak tahu ya siapa yang menyebarkan. Ya mungkin itu ada bagian pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya. Ya biasalah, kan.... Tapi sebenarnya itu sederhana ya. Dari awal kan dari foto itu ada Photo Grid ya. Udah jelas kalau Photo Grid berarti ada foto editan. Semua orang sudah tahu ya," sebut Andre.


Hoax Erdogan Pro-Prabowo Dibongkar Media Prancis, BPN: Bukan dari KamiFoto: Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade (Zhacky-detik)

Lebih jauh Andre mengatakan Erdogan memang punya kedekatan dengan beberapa tokoh di Indonesia. Andre berbicara elite-elite dari PKS pendukung Prabowo-Sandi yang disebutnya punya hubungan dengan Erdogan.

"Tapi kalau kedekatan Pak Erdogan dengan pendukung Pak Prabowo kan jelas. Pak Erdogan ini kan dari PKP di Turki ya. Kita tahu Pak Erdogan ini dekat dengan tokoh-tokoh di Indonesia, teman-teman PKS kan. Ustaz Sohibul Iman, Ustaz Salim Segaf, lalu juga teman-teman Garbi ya, Bang Fahri Hamzah, Anis Matta, memang dekat dengan Erdogan. Dan orang-orang yang dekat dengan Erdogan di Indonesia semuanya mendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya," ucap Andre.


Saksikan juga video 'Antara Politik Kebencian dan Cara Kerja Otak Manusia':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed