DetikNews
Senin 08 April 2019, 00:11 WIB

Jokowi: Kita Ingin Kampanye yang Gembira, Jangan Sampai Hilang Orientasi

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Kita Ingin Kampanye yang Gembira, Jangan Sampai Hilang Orientasi Foto: Jokowi (Dok. Istimewa).
Jakarta - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pihaknya selalu ingin suasana kampanye yang gembira dan menyejukkan. Jangan sampai makna kampanye jadi hilang orientasi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat ditanya mengenai kampanye karnaval yang dia jalani hari ini di Tangerang. Dalam karnaval itu disajikan berbagai pertunjukan seni seperti tari, musik dan budaya Nusantara.

"Kita selalu ingin kampanye dalam keadaan gembira. Pesta demokrasi adalah kegembiraan sehingga yang kita sampaikan mestinya hal-hal yang menyejukkan, mengenai persatuan, persaudaraan, mengenai kerukunan jangan sampai kita kehilangan orientasi gara gara pilpres atau pileg," kata Jokowi ditemui di ICE BSD, Tangerang, Minggu (7/4/2019).

Jokowi menjelaskan soal kehilangan orientasi yang dia sebut. "Kehilangan orientasi itu seperti adu fitnah, menyebarkan hoax, kabar bohong seperti itu," katanya.


Dia mengatakan penyebaran kabar bohong dan fitnah harus tidak boleh ada lagi, terutama dalam pesta demokrasi. Dia ingin pesta demokrasi ke depannya harus diisi dengan kegembiraan.

"Sekarang ke depan harus dihindari, harus dihilangkan. Pesta demokrasi adalah kegembiaraan, misalnya tadi di Tangerang tadi, yang kita tampilkan adalah sebuah karnaval kegembiaraan untuk menarik agar orang gembira," katanya.

"Dan kita tunjukkan bahwa di situ ada kemajemukan, ada perbedaan budaya, perbedaan adat, tradisi. Saya kira kelihatan sekali tadi ya," imbuh mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.


Saksikan juga video 'Jokowi: Pesta Demokrasi Itu Harus Gembira, Jangan Marah-marah':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed