DetikNews
Minggu 07 April 2019, 22:02 WIB

Round-Up

Karnaval, Pesta Demokrasi Gembira Ala Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Karnaval, Pesta Demokrasi Gembira Ala Jokowi Karnaval Indonesia Satu. Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Capres 01 Jokowi terus mengampanyekan pesta demokrasi adalah kegembiraan. Karnaval tampaknya dipilih Jokowi sebagai cara kampanye penuh kegembiraan.

Bukan hari ini saja Jokowi menggelar kampanye dengan karnaval di Banten. Beberapa waktu sebelumnya, Jokowi juga naik kereta kuda menyapa warga Serang.


Hari ini, Jokowi bersama Ma'ruf Amin menggelar Karnaval Indonesia Satu di Tangerang. Naik kereta kuda bersama para istri, pasangan 01 itu diarak dari Alun-alun Ahmad Yani menuju Pendopo Wali Kota Tangerang.

Jokowi-Ma'ruf dalam karnaval Indonesia Satu.Jokowi-Ma'ruf dalam karnaval Indonesia Satu. Foto: Rifkianto Nugroho

Di Alun-alun, Jokowi menggelorakan pesta demokrasi penuh kegembiraan kepada pendukungnya. Dia menolak kampanye yang penuh kemarahan.

"Inilah yang dinamakan pesta demokrasi. Pesta itu harus senang, pesta itu harus gembira," kata Jokowi di panggung kampanye di Pendopo Wali Kota Tangerang, Minggu (7/4/2019).


Sepanjang karnaval, dari atas kereta kuda, Jokowi-Ma'ruf Amin terus melempar kaus warna putih. Jokowi dan Ma'ruf juga kerap menebar senyum.

"Jangan sampai dengan ada pesta demokrasi diciptakan ketakutan-ketakutan, pesta kegembiraan justru marah-marah," imbuh Jokowi.

Karnaval Indonesia Satu.Karnaval Indonesia Satu. Foto: Rifkianto Nugroho

Jokowi tak panjang lebar bicara dalam kampanyenya. Dia mengulangi ajakan mengenakan pakaian putih saat hari pencoblosan, itu pun dia mengatakan pendukungnya tak perlu memaksakan diri jika tak punya baju putih.

Jokowi bahkan sempat menyapa pendukungnya yang memanjat pohon di acara kampanyenya itu. Dia meminta sejumlah pendukung yang memanjat pohon itu berhati-hati.

"Siapa yang setuju pesta demokrasi diisi dengan kegembiraan tunjuk jari!" ujar Jokowi yang disambut acungan jempol para pendukungnya.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed