DetikNews
Sabtu 06 April 2019, 17:08 WIB

Puluhan Pendukung di Batam Pingsan, Jokowi Minta Massa Dilonggarkan

Ray Jordan - detikNews
Puluhan Pendukung di Batam Pingsan, Jokowi Minta Massa Dilonggarkan Jokowi kampanye di Batam. (Jordan/detikcom)
Batam - Puluhan pendukung capres petahana Joko Widodo (Jokowi) di Batam pingsan. Jokowi lalu meminta massa pendukungnya melonggarkan barisan.

Pantauan detikcom di Lapangan Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4/2019) pukul 16.10 WIB, sesaat setelah Jokowi naik ke panggung, panitia kampanye langsung sibuk mengawal sisi panggung. Rupanya ada beberapa orang yang pingsan.

Beberapa perempuan terlihat diangkat naik ke panggung. Tubuh perempuan yang diangkat ada yang tampak lunglai, ada juga yang terlihat dipapah.


Melihat hal itu, Jokowi meminta massa tenang dan tidak terlalu rapat. "Sebelum saya mulai, saya minta agak dilonggarkan sedikit, jangan dorong-dorongan. Karena sudah 27 yang pingsan. Jangan dorong-dorongan, jangan dorong-dorongan. Bisa ya?" kata Jokowi.

"Bisa!" jawab massa serentak.

Namun, di sela Jokowi hendak berpidato, beberapa orang masih terlihat diangkat ke atas panggung dan dilarikan ke belakang panggung menuju ruang medis. Jokowi kembali mengingatkan pendukungnya.


"Ini yang pingsan sudah lebih dari 30. Hati-hati semuanya. Hati-hati jangan desak-desakan, jangan dorong-dorongan. Biar yang pingsan nggak nambah. Ini sudah hampir 40 orang, jangan ada yang dorong-dorong lagi, biar nggak ada yang pingsan lagi," kata Jokowi.

Pantauan detikcom, puluhan ribu pendukung Jokowi memenuhi Lapangan Temenggung Abdul Jamal. Massa terlihat terpusat di sekitar area panggung kampanye.

Sebagian besar massa membawa bendera, baik yang berlambang parpol maupun bendera dukungan untuk Jokowi. Banyak juga yang membawa payung karena sinar matahari terasa cukup terik.

"Ini yang pingsan sepertinya sudah lebih dari 50 orang. Jangan ditambah lagi," kata Jokowi.



Simak Juga 'Jokowi: Rakyat Hujan-hujanan, Masa Saya Payungan?':

[Gambas:Video 20detik]


Puluhan Pendukung di Batam Pingsan, Jokowi Minta Massa Dilonggarkan

(rjo/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed