DetikNews
Jumat 05 April 2019, 19:14 WIB

48 Orang Ngaku Dapat Panggilan CPNS, BKD Bali Lapor Polisi

Aditya Mardiastuti - detikNews
48 Orang Ngaku Dapat Panggilan CPNS, BKD Bali Lapor Polisi Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja (Foto: detikcom)
Denpasar - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali melapor ke polisi terkait dugaan pemalsuan surat. Musababnya, BKD Bali digeruduk 48 orang yang mengaku mendapat panggilan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"SPKT Polda Bali hari ini telah menerima laporan tindak pidana pemalsuan surat sebagaimana dimaksud Pasal 263 KUHP dengan pelapor I Ketut Lihadnyana (Plt Kepala BKD Bali, red)," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).



Hengky menerangkan kasus itu bermula pada Senin (25/3) lalu. Kala itu puluhan orang mendatangi kantor BKD Bali dan mengaku mendapatkan surat pemanggilan CPNS di BKD Provinsi Bali.

"Salah seorang staf BKD lalu melapor ke atasannya dan mengatakan bahwa ada 48 orang mendatangi kantor BKD Provinsi Bali membawa surat pemanggilan sebagai CPNS. Setelah dikumpulkan, selanjutnya ditanya kepada setiap orang yang datang tersebut, namun tidak ada yang memberikan informasi terkait siapa yang menyuruh datang dan memberikan surat tersebut," jelasnya.

Padahal, lanjut Hengky, BKD Provinsi Bali tidak pernah menerbitkan atau mengedarkan surat pemanggilan CPNS tersebut. Merasa dirugikan, Plt Kepala BKD Provinsi Bali I Ketut Lihadnyana lalu melaporkannya ke polisi.



"Atas kejadian tersebut, Ketut Lihadanyana melaporkan ke SPKT Polda Bali. Adapun barang bukti berupa 48 surat fotokopi surat pengantar pemanggilan peserta CPNS Provinsi Bali. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucap Hengky.

Secara terpisah, Gubernur Bali Wayan Koster memastikan pihaknya melakukan tindakan tegas bila ada oknum PNS yang bermain di balik kasus ini. "Kalau ketahuan ada (pegawai) yang terlibat, langsung dipecat. Yang begini harus diberantas, kami arahkan pada proses hukum," tegas Koster.



Tonton juga video Calo CPNS di Jambi Kena OTT Kejaksaan:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed