detikNews
Jumat 05 April 2019, 14:32 WIB

Pemkab OKI Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2019

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemkab OKI Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2019 Ilustrasi (Foto: Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) di Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Status itu resmi ditetapkan sejak Kamis, 4 April 2019 hingga Oktober 2019.

"Puncak kemarau akan terjadi Agustus 2019. Dengan pertimbangan itulah, hari Kamis (4/4) kemarin kita menetapkan status siaga karhutla hingga 31 Oktober," ujar Sekda Pemkab OKI Husin, Jumat (5/4/2019).

Keputusan itu disebut Husin diketok setelah Pemkab OKI menggelar rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan perusahaan-perusahaan di wilayah OKI. Dalam rapat itu, Husin menyebut ada informasi dari BMKG yang menyebutkan intensitas hujan menurun di bulan April ini dan musim kemarau dimulai pada minggu terakhir Mei 2019 hingga Oktober 2019.

Husin pun menginstruksikan para camat dan perusahaan untuk mengantisipasi karhutla. Mereka didorong membentuk masyarakat peduli api serta mendirikan posko-poskonya.




"Penetapan ini sebagai pencegahan dini dan kami fokus pencegahan di beberapa titik rawan karhutla. Kami tidak mau ada kebakaran yang akan berdampak negatif di masyarakat," ucap Husin.

Sementara itu Plt Kepala BPBD OKI Listiadi Martin menyebut jumlah lahan terbakar di wilayah OKI sejak tiga tahun terakhir yaitu 213 hektare pada tahun 2016, 179 hektare pada 2017, dan 864 pada 2018. Dari data itu Listiadi mengaku telah memiliki peta rawan bencana.

"Dari data yang kami miliki, untuk tingkat kerawanan bencana karhutla antara lain kondisi sangat rawan sebanyak 554.179 hektare dan rawan sebanyak 603.175 hektare. Ini tentu jadi perhatian kami," kata Listiadi.

"Kami sudah miliki peta rawan bencana dan belajar dari tahun lalu, ya kegiatan pada tahun ini difokuskan pada wilayah rawan dan sangat rawan melalui upaya preventif," imbuhnya.


Simak Juga "Melihat Lebih Dekat Kerja Satgas Karhutla":

[Gambas:Video 20detik]

Pemkab OKI Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2019

(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed