DetikNews
Jumat 05 April 2019, 14:05 WIB

People Power Dinilai Langkah Inkonstitusional

Rivki - detikNews
People Power Dinilai Langkah Inkonstitusional Amien Rais (rengga/detikcom)
Jakarta - Pernyataan Amin Rais soal akan menggerakkan people power jika terjadi kecurangan dalam Pemilu menuai beragam tanggapan. Politisi Partai NasDem Wanda Hamidah menilai wacana yang dilemparkan Amin Rais dianggap tidak relevan.

"Wacana people power yang dilemparkan pak Amin Rais jika terjadi kecurangan Pemilu merupakan tindakan inkonstitusional," kata politikus NasDem Wanda Hamidah, kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).


Menurut Wanda people power adalah tindakan inkonstitusional. Jika terjadi kecurangan, lanjut dia, maka sudah ada salurannnya yaitu diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).
People Power Dinilai Langkah InkonstitusionalWanda Hamidah (hanif/detikcom)

"Kalau terjadi kecurangan saluraannnya jelas ada Mahkamah Konstitusi (MK)," ujarnya.

Dikatakan Wanda, kecurangan Pemilu secara sistematis hampir mustahil bisa dilakukan. Sebab pengawasan dan mekanisme dalam Pemilu sudah cukup ketat.

"Mending Kita kawal Pemilu, jika ada potensi kecurangan kita laporkan. People power tidak relevan di negara demokratis seperti Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan Apel Siaga Umat 313 digelar untuk mencegah kecurangan pemilu. Amien mengancam akan menggerakkan massa bila terjadi kecurangan.

"Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Nggak ada gunannya, tapi kita people power, people power sah," kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).


Amien mengatakan akan menggerakkan masa secara demokratis. Dia menjamin tidak ada kekerasan bila nantinya massa memprotes keputusan KPU.

"Bukan revolusi, kalau revolusi ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer, people power akan digunakan," jelasnya.


Saksikan juga video 'Mungkinkah Ancaman 'People Power' Masih Berlaku Saat Ini?':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed