Ma'ruf Ngaku Keturunan Prabu Siliwangi, BPN: Warga Jabar Tak Terpengaruh

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 05 Apr 2019 07:45 WIB
Ahmad Riza Patria (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin mengaku masih memiliki darah Sunda dan keturunan Prabu Siliwangi. BPN Prabowo-Sandiaga memastikan pernyataan Ma'ruf itu tak akan mempengaruhi pilihan warga Jawa Barat.

"Kami yakin masyarakat Jawa Barat tak akan terpengaruh dengan janji kampanye apapun yang disampaikan calon lain termasuk Kiai Ma'ruf yang mengaku masih keturunan raja, umpamanya dan sebagainya," kata juru debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).



Riza mengatakan suara Prabowo terus meningkat sejak Pemilu 2014. Meskipun kubu Jokowi mempunyai sejumlah keunggulan, Riza menyebut suara warga Jawa Barat tak akan berpindah ke paslon 01.

"Jawa Barat itu unggul naik terus suaranya dari Pemilu 2014, sekalipun punya gubernur, pak Ma'ruf orang Banten tapi tetap bisa punya keyakinan bahwa masyarakat Jawa Barat, masyarakat yang religius, agamis, agraris dan masyarakat yang sudah cerdas memahami dan mengerti siapa yang pantas didukung. Mereka sudah tahu siapa Prabowo dan Sandi, dan merasakan betul peran-peran yang ada," ujarnya.



Dia pun tak mempermasalahkan Ma'ruf Amin yang mengaku masih memiliki keturunan Prabu Siliwangi. Menurut Riza, setiap kandidat harus mampu mempertanggungjawabkan pernyataan masing-masing.

"Ya pokoknya yang namanya orang kampanye silakan saja, bicara mau keturunan mana, asal usul dari mana. Masalah benar dan nggak benarnya kita kan nggak tahu. Yang tahu kan yang bersangkutan keluarga, dan masyarakat sekitar. Jadi silakan saja kalau ada calon mengaku-ngaku keturunan raja, kesultanan kek, silakan saja, itu kan menjadi tanggungjawab masing-masing. Mudah-mudahan semua yang disampaikan kandidat semua benar, kita semua nggak tahu kan bersangkutan keluar, masyarakat sekitar," ujarnya.



Sebelumya, Ma'ruf Amin mengajak warga Garut memilih cawapres yang berasal dari Sunda. Ma'ruf mengaku masih memiliki darah Sunda dan keturunan Prabu Siliwangi.

"Saya memiliki darah Sunda dari Sumedang. Kalau diurutkan silsilahnya dari Prabu Siliwangi. Berarti saya mewakili orang Sunda," ujar Ma'ruf saat berkampanye di Lapangan Cihuni, Garut, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

"Mau dukung saya apa tidak? Janji? Pasti? Jadi kalau orang Sunda tidak pilih orang Sunda, kabina-bina sia (keterlaluan). Orang Sunda kudu ngahiji di nomor hiji (Orang Sunda harus bersatu di nomor satu)," imbuhnya. (knv/yld)