DetikNews
2019/04/05 05:06:04 WIB

Round-Up

Luntur Isu Prabowo Dihalangi Jet Tempur

Tsarina Maharani, Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Luntur Isu Prabowo Dihalangi Jet Tempur Ilustrasi jet tempur Sukhoi (Foto: sukhoi.ord)
Jakarta - Kadispen TNI AU Marsma TNI Novyan Samyoga merespons cepat isu pesawat capres Prabowo Subianto dicegat jet tempur saat akan terbang ke Purwokerto. Penjelasan Samyoga 'melunturkan' isu Prabowo Dihalangi jet tempur.

Dirangkum detikcom, Kamis (4/4/2019), isu ini berawal dari cuitan eks Kasum TNI Letjen TNI (Purn) JS Prabowo lewat akun Twitter @marierteman. Dia menyebut ada tiga jet tempur yang melintas saat pesawat yang ditumpangi Prabowo akan lepas landas.

"Info, saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur. Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara," cuit JS Prabowo seperti dilihat Kamis (4/4/2019).


"Tgl 2/4 selesai kampanye di Sumbar tdk dikawal Polri. Itu aja," lanjut dia.

Terkait cuitan itu, Samyoga mengatakan pernyataan JS Prabowo kurang tepat. Dia menambahkan tak ada Sukhoi yang terlibat.

"Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo kurang tepat. Karena yang beliau sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda, dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan sukhoi," kata Samyoga lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Samyoga memaparkan kronologi pesawat Prabowo saat akan terbang (take off) dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (1/4) dan Selasa (2/4).


Pada Senin (1/4) pesawat Prabowo 9HNYC ditahan petugas air traffic controller (ATC) terkait keamanan sebab ada pesawat CN 235 Kalong Flight yang belum take off.

Kejadian Senin (1/4):
- Di landasan Halim, CN 235 Kalong Flight, posisi sudah take off dan berikutnya yang akan take off adalah pesawat 9HNYC onboard Pak Prabowo.
- Saat pesawat 9HNYC diberikan release take off juga, kondisinya belum aman, karena pesawat CN235 belum menuju cross wind (belum belok), sehingga pesawat 9HNYC abort take off, untuk safety.
- Abort take off dilakukan oleh senior ATC, karena sebelumnya yang handle masih junior ATC.
Jadi abort-nya 9HNYC karena masalah safety dan tidak ada hubungan sama sekali dengan Sukhoi.

Sementara pada Selasa (2/4), pesawat Prabowo 9HNYC terhambat untuk terbang karena ada pesawat Wing Air (Won 1721) yang akan mendarat. Semenit setelah Wing Air mendarat, pesawat yang ditumpangi Prabowo sudah terbang ke Padang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed