detikNews
Kamis 04 April 2019, 23:14 WIB

Ketua RT Kaget SHS Ditangkap Densus Diduga Terkait Terorisme

Yudha Maulana - detikNews
Ketua RT Kaget SHS Ditangkap Densus Diduga Terkait Terorisme Ketua RT Dede Kusnadi memberikan keterangan soal penangkapan SHS terduga teroris di Batujajar, Bandung Barat, Kamis (4/4/2019) Foto: Yudha Maulana-detikcom
Bandung Barat -

Dede Kusnadi, Ketua RT di Cibungur, Batujajar, Bandung Barat, menyebut rumah SHS yang ditangkap Densus 88/Antiteror kerap didatangi orang tak dikenal. SHS juga keluar tiap Jumat dan Minggu malam.

Dede Kusnadi, mengaku pernah mendapatkan informasi dari adiknya yang berbincang langsung dengan istri SHS.

"Kalau perginya ke mana saya tidak tahu, saya juga belum pernah bertemu dan berhadapan langsung, tapi katanya sih orang itu gurunya (SHS)," ujar Dede, Kamis (4/4/2019) malam.

Karena penasaran, Dede mengaku pernah sengaja menunggu di dekat rumah SHS untuk melihat gerak-gerik orang tak dikenal. Tapi saat ditunggu, tamu-tamu SHS tak muncul.

"Saya takut jadi suuzon, setelah menunggu tiga malam berturut-turut akhirnya saya berhenti menunggu," ujarnya.

Dede tak ingat persis kapan terakhir berkomunikasi dengan SHS. Namun yang diingatnya, SHS pernah gusar karena persoalan jual beli rumahnya.




"Dulu orangnya memang baik, ngajinya bagus, silaturahminya juga bagus. Orang tuanya juga dianggap tetua di sini, tapi sekarang jadi berubah. Kakaknya sempat memberi nasihat tapi ditolak mentah-mentah," kata Dede.

Dede juga terkejut dengan penangkapan. Dia diberitahu Ketua RW, SHS ditangkap pagi tadi

"Saya diberi tahu Ketua RW kalau SHS ditangkap, dan pas saya ke sini, sudah banyak polisi," katanya.

Penyergapan terduga teroris di Bandung Barat dilakukan sekitar pukul 07.30 WIB. Akibat penyerangan, 4 polisi saat ini dirawat di rumah sakit karena mengalami luka akibat serangan dengan senjata tajam.

"(Terduga teroris) pura-pura menyerah, tidak melakukan perlawanan. Kepada pelaku dilakukan dengan terpaksa ya melumpuhkan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.





Terduga teroris yang ditangkap di Batujajar, Bandung Barat, disebut Polri merupakan anggota kelompok terduga teroris berinisial A.

A, yang lebih dulu ditangkap di Karawang, Jabar, pada Rabu (3/4), memiliki kaitan dengan kelompok terkait penangkapan di Sibolga.

"(Terduga teroris di Bandung Barat) anggota yang memang sudah mengikuti latihan dan terpapar paham radikal," jelas Dedi.


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com