Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Siap Jalani Sidang Perdana

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 04 Apr 2019 15:22 WIB
Bagus Bawana Putra sebelum menjalani sidang perdana perkara hoax 7 kontainer surat suara tercoblos (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Bagus Bawana Putra mengaku siap menjalani sidang perdana perkara hoax 7 kontainer surat suara tercoblos. Bagus mengaku sudah membaca seluruh isi dakwaan.

"Nanti kita lihat saja, saya kan sudah jelaskan ke polisi waktu di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan)," kata Bagus sebelum menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Bagus juga mengaku ingin mempertimbangkan untuk mengajukan keberatan. Di samping Bagus, pengacaranya, Osner Johnson Sianipar, belum memberikan kepastian ada tidaknya keberatan yang akan diajukan.

"Kami belum berani mengatakan sekarang nanti saja kita dengar dakwaannya baru kita sampaikan, saya akan koordinasi dengan klien kita terdakwa ya. Mungkin lebih bagus kita dengar dakwaannya," kata Osner.
Bagus sebelumnya ditangkap karena membuat hoax ada 7 kontainer surat suara yang sudah tercoblos asal China di Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam hoax yang dia buat pada awal Januari 2019, disebutkan surat suara tercoblos pada bagian yang ada gambar paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Informasi hoax itu dia tuangkan dalam rekaman suara dan tulisan, kemudian dia viralkan di akun Twitter serta WhatsApp Group yang diikutinya.

Di media sosial, Bagus mengidentikkan dirinya dengan pendukung paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Dia pun mengaku sebagai Ketua Dewan Koalisi Nasional Prabowo. Namun hal tersebut dibantah Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga.


Saksikan juga video 'KPU Jelaskan Soal Hoax Surat Suara Tercoblos':

[Gambas:Video 20detik]

(fai/dhn)