detikNews
Kamis 04 April 2019, 00:05 WIB

Dubes RI Ingatkan WNI di Saudi Soal Ancaman Hukuman UU Anti Fitnah

Eva Safitri - detikNews
Dubes RI Ingatkan WNI di Saudi Soal Ancaman Hukuman UU Anti Fitnah Agus Maftuh (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengingatkan WNI di Arab Saudi untuk mematuhi UU Pemberantasan Kejahatan Informasi. Agus mengimbau WNI tidak menyebarkan berita bohong.

"Saya mengingatkan semua WNI yang berada di Arab Saudi untuk mematuhi Undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku di Saudi terutama UU yang dikenal dengan 'Nidham Mukafah Jara'Im Al-Maklumatiyyah (Undang-undang Pemberantasan Kejahatan Informasi), termasuk di dalamnya adalah pemberantasan penyebaran berita bohong dan fitnah," kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4/2019).


Agus mengatakan UU Pemberantasan Kejahatan Informasi bisa menjerat siapa saja yang melakukan kejahatan siber. Ia pun menilai ancaman UU tersebut terbilang berat.

"UU yang juga dikenal dengan Saudi Anti-Cybercrime Law (SACL) ini akan menjerat siapapun yang melakukan cybercrime di wilayah Arab Saudi dengan sanksi hukum yang sangat berat," ucapnya.


Selain itu, ia mengimbau WNI di Arab Saudi agar bijak menggunakan media sosial. Agus meminta WNI mematuhi kebijakan-kebijakan yang berlaku di Arab Saudi.

"KBRI mengimbau semua WNI di Saudi untuk berhati-hati dalam menggunakan aktivitas digital di dunia maya dan selalu mematuhi peraturan-peraturan Kerajaan Arab Saudi," ucap Agus.
(eva/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed