detikNews
Rabu 03 April 2019, 15:55 WIB

TKN: Penetrasi Jokowi di Jabar Lebih Baik dari Prabowo di Jateng

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
TKN: Penetrasi Jokowi di Jabar Lebih Baik dari Prabowo di Jateng Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, yakin pasangan capres-cawapres jagoannya akan menang di Jawa Barat pada Pilpres 2019. Dia lalu membandingkannya dengan penetrasi pasangan Prabowo-Sandi di kandang banteng, Jawa Tengah.

"Kemampuan penetrasi Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf di Jawa Barat hasilnya jauh lebih baik dari tingkat penetrasi Prabowo Sandi di Jawa Tengah," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2019).


Secara peta politik, Jawa Barat dikenal sebagai basis mayoritas pendukung dari Prabowo. Sedangkan Jateng merupakan basis mayoritas pendukung Jokowi.

Hasto menambahkan, penetrasi Prabowo-Sandi di Jateng juga dibarengi dengan intimidasi kepada kader PDIP. Namun Hasto yakin intimidasi itu akan membawa dampak negatif.


"Itu bersifat negatif karena masyarakat Indonesia nggak suka model provokasi kekerasan. Itu akan menjadi arus balik bagi paslon 02," katanya.

Selain itu, dukungan dari Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum membuat Hasto makin yakin Jokowi-Ma'ruf akan menang di Jabar.

"RK terbukti di pemilu lalu mampu jadi pemimpin. Dan Pak Uu di daerah Tasik, Garut, itu kan sangat kuat. PPP juga sudah menata dirinya di bawah kepemimpinan Bapak Suharso Monoarfa. Dengan demikian, Jabar kami optimis bisa dimenangkan Jokowi-Amin," tuturnya.

Menurut Hasto, di sisa masa kampanye yang ada, TKN selalu optimis pada Jokowi-Ma'ruf. Dia lalu mengungkit sosok Prabowo yang menurutnya lebih emosional.

"Kami diajarkan untuk optimis, berpolitik penuh keyakinan dan percaya rakyat akan memilih yang santun yang baik, yang jelas rekam jejaknya yang punya program yang konkret. Rakyat juga tak mau gambling untuk memilih yang belum berpengalaman, apalagi yang emosional. Di depan kamera saja Pak Prabowo emosional, apalagi tanpa ada kamera," imbuhnya.
(nvl/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed