Round-Up

Jokowi vs Prabowo di 5 Survei Terakhir

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Apr 2019 07:15 WIB
Ilustrasi Jokowi dan Prabowo, dua capres yang bertarung di Pilpres 2019. (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta - Menjelang pemilihan presiden yang tinggal 2 minggu lagi, sejumlah lembaga survei masih mengeluarkan hasil elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto. Secara keseluruhan, Jokowi masih unggul atas Prabowo berdasarkan survei-survei yang dipublikasikan.

Yang terkini, LSI Denny JA mempublikasikan elektabilitas Jokowi dan Prabowo. Selisih kedua capres tersebut berada pada kisaran 20%.


"Tampilan angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk range elektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional. Kalkulasi ini dilakukan karena pilpres tinggal 16 hari lagi. Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput," ujar peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, saat rilis di Graha Dua Rajawali-Lingkaran Survei Indonesia, Jalan Pemuda No 70, Rawamangun, Jakarta, Selasa (2/4/2019).


Selain LSI Denny JA, Jokowi masih unggul dalam empat survei terakhir seperti CSIS, Vox Populi, New Indonesia Research & Consulting, dan Charta Politika. Tentu saja, hasil-hasil tersebut masih berupa survei. Perolehan angkanya bisa saja berbeda dari hasil survei sederet lembaga.

Selanjutnya
Halaman
1 2