Klaim 'Kemenangan Sudah Dekat' TKN Jokowi karena Unggul di Survei

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 02 Apr 2019 16:52 WIB
Ilustrasi Joko Widodo (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Hasil survei berbagai lembaga menempatkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai kampiun. Pencapaian tersebut disyukuri Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 1 itu, sekaligus sebagai pelecut agar terus giat berkampanye dengan tekun.

"Terima kasih atas hasil survei ini. Namun kami tidak berpuas diri," kata Wakil Sekretaris TKN Ahmad Rofiq kepada wartawan, Selasa (2/4/2019).




"Kami harus semakin mengintensifkan kampanye mengajak masyarakat untuk mendukung pasangan 01 agar menang 70 persen dapat diwujudkan," imbuh Rofiq.

Hitung-hitungan survei yang muncul, disebut Rofiq, menunjukkan metode kampanye Jokowi-Ma'ruf sudah efektif. Dia pun menyebut kemenangan dalam pemilu sudah terlihat.

"Membaur dengan rakyat adalah langkah yang cukup tepat. Jadi kemenangan sudah sangat dekat," kata Rofiq.

Klaim 'kemenangan sudah dekat' itu, disebut Rofiq, merujuk pada selisih elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada survei-survei teranyar. Merujuk pada survei Indo Barometer, Jokowi-Ma'ruf disebut unggul 18 persen, sedangkan LSI Denny JA menyebut selisih itu pada angka 20 persen.




Lebih jelasnya, survei Indo Barometer menempatkan Jokowi-Ma'ruf dengan elektabilitas 50,8 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga di angka 32 persen. Hasil itu didapat Indo Barometer dari survei yang dilaksanakan pada 15-21 Maret 2019 melalui metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dari 34 provinsi.

Sementara itu, survei LSI Denny JA menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 56,8-63,2 persen, sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 36,9-43,2 persen.

Survei LSI Denny JA ini berlangsung pada 18-26 Maret 2019 dan diikuti 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error survei 2,8 persen.


Simak Juga 'Jokowi Vs Prabowo di Berbagai Survei':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini

(azr/dhn)