Kader PDIP Disebut Banyak Tinggalkan Jokowi, TKN Bicara Loyalitas ke Mega

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 02 Apr 2019 15:57 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)
Jakarta - Mantan Wagub Jawa Tengah, Rustriningsih, menyebut banyak kader PDIP yang meninggalkan capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin yakin partai berlambang banteng moncong putih itu solid mendukung paslon 01.

"Kami yakin PDIP sangat solid dalam koalisi pendukung Pak Jokowi. PDIP itu merupakan partai nasionalis yang sangat loyal dengan perintahnya Ibu Megawati sebagai ketua umumnya," kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (2/4/2019).


[Gambas:Video 20detik]


Menurut Ace, pengalaman politik PDIP sejak era reformasi telah menunjukkan kekompakan dan kesolidan. Hal itu, ditambahkan Ace, terbukti dengan kemenangan di basis-basis PDIP.

"Saya kira dari pengalaman panjang politiknya di era reformasi, PDIP telah menunjukkan soliditas dan kekompakannya dalam mengamankan kebijakan-kebijakan partai. Hal ini terbukti dengan berbagai kemenangannya di daerah-daerah yang merupakan basis mereka, seperti Jawa Tengah," tutur Ace.


Sebelumnya diberitakan, Rustriningsih mengklaim ada banyak kader PDIP yang kini meninggalkan Jokowi. Hal tersebut ia ungkapkan dalam kampanye terbuka kemenangan Prabowo-Sandiaga yang dihadiri oleh Titiek Soeharto di Lapangan Kemiri, Purworejo, Selasa (2/4).

Rustriningsih tak mengungkap detail soal kader PDIP yang meninggalkan Jokowi, yang kini berpasangan dengan Ma'ruf Amin. Namun, menurutnya, banyak kader PDIP yang mendukung Prabowo-Sandiaga lantaran merasa tak nyaman.

"Apa pun akal sehat harus dipelihara, iman harus disepuhkan, nah itulah termasuk yang ditempuh teman-teman yang lama di PDIP kemudian merasa gerah kemudian tidak lagi di situ. Ya jumlahnya, yang jelas makin banyak yang meninggalkan (Jokowi). Ya banyak di antara teman-teman lama di PDIP sekarang bersama-sama saya mendukung pasangan Prabowo-Sandi," beber Rustriningsih.


Saksikan juga video 'Indo Barometer Prediksi Jokowi-Ma'ruf Menang di Pilpres 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(azr/gbr)