DetikNews
Selasa 02 April 2019, 15:30 WIB

Ada Tabligh Akbar di Monas, 16 KA Berhenti Luar Biasa di Stasiun Jatinegara

Mei Amelia R - detikNews
Ada Tabligh Akbar di Monas, 16 KA Berhenti Luar Biasa di Stasiun Jatinegara Foto: dok.istimewa
Jakarta - PT KAI Daop 1 Jakarta mengatur pola operasi khusus untuk sejumlah keberangkatan kereta api ajrak jauh di Stasiun Gambir. 16 KA berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara, karena ada kegiatan tabligh akbar di Monas, Jakarta Pusat malam ini.

"Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini akan berhenti di stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan rekayasa pola operasi ini," ucap Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya kepada detikcom, Selasa (2/4/2019).

Dalam keterangannya itu, Eva mengatakan upaya tersebut dilakukan sebagai antisipasi terkait adanya kegiatan di Monas, Jakarta Pusat pada malam ini.

"Antisipasi kegiatan masyarakat di Monas malam ini," sebut Eva.

Adapun pengaturan pola operasi tersebut dilakukan pada 16 nomor KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir. Kereta tersebut juga akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa.


16 KA yang berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara.16 KA yang berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara. Foto: dok.istimewa



"Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan masyarakat dapat terhindar dari resiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara," sambungnya.

Pengaturan ulang pola operasi untuk 16 nomor KA ini berlaku mulai dari keberangkatan KA 26 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 15.30 WIB sampai dengan KA 7098 (Argo Parahyangan Tambahan) keberangkatan pukul 23.00 WIB. Pengaturan ulang pola operasi ini hanya berlaku untuk hari ini saja.

Eva mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. Selain itu, para calon penumpang KA juga dapat mengetahui informasi perjalanan KA melalui contact center 121 atau KAI121 (Instagram, Twitter dan FB).

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan, kegiatan masyarakat yang akan berlangsung di kawasan Monas, malam ini adalah tabligh akbar.

"Kalau di Cawan Monas ada pengajian tabligh salah satu kumpulan pengajian," kata Kombes Harry.


(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed