Survei Indo Barometer: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Turun 0,5%

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 02 Apr 2019 14:58 WIB
Presiden Joko Widodo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Indo Barometer melakukan survei mengenai kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Survei menunjukkan mayoritas publik puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Namun angka kepuasan tersebut turun 0,5 persen dari survei yang digelar Indo Barometer pada Februari 2019.

"Mayoritas publik, 64,4 persen, puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden dan yang tidak puas 31,6 persen," kata peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto, dalam konferensi pers di Hotel Century, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).



Survei ini dilaksanakan pada 15-21 Maret 2019. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden. Responden berasal dari 34 provinsi yang mempunyai hak pilih. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Hadi menambahkan angka kepuasan terhadap pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla juga masih terbilang tinggi. Sebanyak 63,2 persen responden puas atas kinerja Jokowi-JK.

"Mayoritas (63,2 persen) masyarakat merasa puas dengan kinerja Jokowi-Jusuf Kalla, yang merasa tidak puas (32,2 persen). Distribusi pemilih yang merasa puas dengan kinerja Jokowi-Jusuf Kalla mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Sedangkan yang tidak puas memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno," sebutnya.



Hadi kemudian menjelaskan mayoritas responden menyatakan puas terhadap Jokowi karena menganggap kinerjanya bagus dan terbukti, pembangunan merata, hingga orangnya jujur dan bersih dari korupsi. Sedangkan yang merasa tidak puas beralasan harga kebutuhan pokok mahal, perekonomian makin sulit, hingga sulitnya lapangan kerja.

Sebelumnya, Indo Barometer juga merilis hasil survei terkait kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah. Survei dilaksanakan pada 6-12 Februari 2019 kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini kurang-lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Tingkat kepuasan kerja terhadap Jokowi itu di angka 64,9 persen, kemudian tingkat kepuasan publik terhadap Pak JK adalah 61,4 persen. Jadi masih tinggi, masih di atas 50 persen," kata peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3). (ibh/knv)