DetikNews
Senin 01 April 2019, 08:57 WIB

Warga Sulbar Kejar Kawanan Anjing yang Mangsa Ternak Sapi

Abdy - detikNews
Warga Sulbar Kejar Kawanan Anjing yang Mangsa Ternak Sapi Foto: Abdy Febriady/detikcom
Polewali - Pengejaran yang berlangsung pada Minggu siang (31/03/19), dilakukan untuk mengantisipasi berulangannya serangan kawanan anjing piaraan yang meresahkan warga Desa Puccadi, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar.

Dipimpin Kepala Desa Puccadi, Haruna, didampingi Bhabinkamtibas Desa Puccadi Aiptu Zulkipli, SH dan Babinsa Desa Puccadi, Koptu Ridwan, warga melakukan pengejaran dengan menyisir areal perkebunan dan sekitar pemukiman warga, dengan harapan dapat menemukan kawanan anjing yang telah memangsa 3 ekor anak sapi milik warga di daerah ini, pada Jumat dan Sabtu kemarin.

Sebuah alat khusus yang terbuat dari bambu juga telah disiapkan warga, agar anjing yang dikejar dapat ditangkap dengan mudah.

Dalam pengejaran yang berlangsung sekitar 3 jam ini, warga berhasil mengamankan seekor anjing yang diketahui ikut memangsa ternak sapi warga. Anjing berawarna kombinasi hitam, cokelat dan putih tersebut ditangkap saat tertidur di sekitar rumah warga.

Dari empat ekor kawanan anjing yang diketahui memangsa ternak warga di daerah ini, sejak kemarin hingga hari ini, baru 2 ekor anjing yang berhasil diamankan warga, sementara dua lainnya masih berkeliaran.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran warga, mereka takut jangan sampai serangan anjing ini kembali terjadi dan menyasar manusia khususnya anak-anak.

"Kita berharap semua anjing yang diketahui memangsa ternak sapi bisa segera tertangkap, karena sejak kemarin sampai hari ini warga di desa ini mulai cemas dan ketakutan, jangan sampai anjing-anjing tersebut semakin mengganas, hingga tidak hanya menyerang ternak tetapi juga manusia," kata Kepala Desa Puccadi, Haruna.

Haruna juga belum bisa memastikan pemicu serangan anjing piaraan yang memangsa 3 ekor ternak sapi milik warga di daerah ini, kuat dugaan anjing-anjing tersebut dalam kondisi kelaparan lantaran diketahui dibiarkan dalam kondisi terikat saat ditinggal pergi pemiliknya.

"Ini juga kita belum tau secara pasti penyebabnya apa, tapi kemungkinan besar itu anjing kelaparan, apalagi saat ditinggalkan pemiliknya anjing-anjing itu dalam kondisi terikat," lanjut Haruna menambahkan.

Sementara itu, Jasman sang pemilik anjing mengaku heran. Soalnya keempat anjing piaraannya tersebut selama ini diketahui dalam kondisi jinak dan tidak pernah menyerang binatang apapun.

"Saya juga bingung pak, itu anjing sangat jinak bisa dibilang bersahabat dengan binatang lain, kalau dibilang lapar tidak mungkin, soalnya sebelum pulang ke rumah, pasti semuanya saya beri makan," kilah Jasman sembari menunjukkan jerat tali yang putus akibat digigit anjing.


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed