Round-Up

Kala Komedian di Ambang Kemenangan Pemilihan Presiden

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 31 Mar 2019 22:08 WIB
Foto: Volodymyr Zelensky (Wikimedia Commons)


Menariknya, pada hari-hari terakhir kampanye, Zelensky melarikan diri dari kerumunan orang serta wawancara. Dia memilih untuk tampil di panggung pertunjukan dengan grup lawaknya.

Pelbagai kritik telah ditujukan ke pandangannya yang tidak jelas. Di mana, pandangan tersebut dibuat atas dasar voting di media sosial. Meskipun banjir kritikan, namun pendukung Zelensky yakin hanyalah wajah baru yang bisa membersihkan Ukraina dari kemuraman politik.

Terdapat tuduhan juga kalau Zelenksy adalah wayang dari orang berpengaruh Ukraina bernama Igor Kolomoysky. Orang tersebut adalah pemilik saluran televisi yang menayangkan acara Zelensky. Namun Zelensky membantah tuduhan itu.

Pesaing Sang Pelawak

Ada dua pesaing Zelenksy di Pilpres Ukraina yakni Poroshenko dan Tymoshenko. Nama pertama merupakan pemenang Pilpres Ukraina 2014.

Namun selama lima tahun pemerintahan Poroshenko, korupsi merajalela. Konflik separatisme juga menelan banyak nyawa, yakni 13 ribu jiwa.

Kemudian Tymoshenko. Dia punya janji untuk memotong harga gas konsumsi warga sampai setengahnya. Dia juga berjanji meningkatkan pensiun. Ini menarik bagi basis pemilih tua.

Meskipun Zelensky dominan di perhitungan suara. Namun analis memperkirakan persaingan masih akan terus berlangsung sengit. Bila tidak ada capres yang mencapai hasil 50 persen suara pada putaran pertama, maka dua capres akan diadakan lagi pada 21 April nanti.
Halaman

(zak/gbr)