Prabowo Soroti soal 'ABS', Sandiaga: Sekeliling Jokowi Tak Beri Info Akurat

Isal - detikNews
Minggu, 31 Mar 2019 00:26 WIB
Sandiaga Uno (Zunita/detikcom)
Jakarta - Capres Prabowo Subianto menyoroti soal laporan 'Asal Bapak Senang' alias ABS di panggung debat capres. Cawapres Sandiaga Uno menilai pernyataan itu bermaksud mengingatkan bahwa Presiden Jokowi kerap mendapatkan informasi yang kurang akurat.

"Yang Pak Prabowo ingin angkat bahwa banyak tentunya di sekeliling Pak Jokowi itu yang mungkin tidak memberikan informasi yang akurat. Dan itu mempengaruhi kebijakan yang sebetulnya bisa lebih digunakan untuk kebijakan yang lebih berpihak kepada rakyat kita jadi itu dan ini berlaku untuk kita juga nanti seandainya Prabowo-Sandi yang mendapatkan amanah memerintah kita pasti juga mendapatkan masalah yang sama dan itu yang mekanisme check and balances mekanisme saling mengingatkan itu yang diperlukan," kata Sandiaga di Rumah Siap Kerja, Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2019).



Sandiaga juga mengaku kerap mendapat laporan 'ABS' saat menjabat Wagub DKI. Menurut dia, setiap pejabat harus cerdas memilih laporan yang disampaikan bawahan.

"Ya saya mengalami juga waktu saya di wagub. Balai Kota. Banyak laporan-laporan itu 'asal bapak senang' dan kita harus pandai-pandai memilah. Dan kadang-kadang keterbatasan kita saat menjadi pejabat publik adalah mendapat informasi," ujar dia.



Sandiaga mengatakan pejabat publik seharusnya memang turun langsung ke lapangan. Dia juga memamerkan bahwa dirinya sudah mengunjungi ribuan titik saat kampanye.

"Banyak laporan-laporan itu 'asal bapak senang' dan kita harus pandai memilah-memilah dan kadang-kadang keterbatasan kita ketika menjadi seorang pejabat publik adalah mendapat informasi yang riil dari lapangan beruntung saya turun di 1.500 lebih titik di mana saya mendengar langsung laporan tanpa ada bawahan yang ikut mengklarifikasi atau menyaring dulu," imbuh dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menepis paparan teknologi pertahanan yang disampaikan Jokowi di panggung debat keempat. Menurut Prabowo, Jokowi hanya mendapatkan laporan 'asal bapak senang'.

"Jadi masalah pertahanan dan keamanan ini, saya kira maaf, Pak Jokowi, saya kira Pak Jokowi dapat briefing yang kurang tepat," ujar Prabowo di panggung debat di Hotel Shangri-La, Sabtu (30/3).

Prabowo, yang merupakan purnawirawan TNI bintang tiga, mengatakan dia tahu betul seluk-beluk dunia militer.

"Saya pengalaman, Pak, di tentara. Budaya 'ABS' banyak, Pak. Kalau ketemu panglima, 'Aman semua, terkendali Pak, radar cukup Pak,'" kata Prabowo.

"Saya tidak menyalahkan Bapak. Ini 'ABS'. Jadi mohon dikaji lagi," sambung Prabowo.



Simak juga video Saat Prabowo Menggebu-gebu Ingatkan Jokowi soal 'Budaya' ABS di TNI :

[Gambas:Video 20detik]

(knv/tor)