Cek Fakta Debat Pilpres 2019

Jokowi Sebut RI Punya 714 Suku dan Lebih dari 1.100 Bahasa, Ini Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Mar 2019 23:39 WIB
Jokowi saat debat. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Capres Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut jumlah suku dan bahasa di Indonesia saat bicara tentang penanaman Pancasila ke anak-anak di debat. Begini fakta di baliknya.

"Anak anak harus diberi tahu bagaimana bertoleransi karena kita memiliki 714 suku. Anak-anak harus diberi tahu bagaimana berkawan dengan teman-teman sebangsa dan sebangsa Tanah Air karena kita memiliki lebih dari 1.100 bahasa," ucap Jokowi saat debat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Minggu (30/3/2019).



Hal itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan tentang penanaman Pancasila tanpa indoktrinasi. Bagaimana fakta di balik ucapan Jokowi itu?

BPS pernah memaparkan data soal jumlah suku di Indonesia. Dikutip dari situs BPS, berdasarkan sensus penduduk pada 2010, ada 1.331 suku di Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari situs Kemendikbud, Badan Bahasa Kemendikbud telah memetakan dan memverifikasi 652 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah tersebut tidak termasuk dialek dan subdialek.



Summer Institute of Linguistics menyebut jumlah bahasa di Indonesia sebanyak 719 bahasa daerah dan 707 di antaranya masih aktif dituturkan. Sementara itu, UNESCO baru mencatatkan 143 bahasa daerah di Indonesia berdasarkan status vitalitas atau daya hidup bahasa. (imk/haf)