JK: Jika Film Berkembang, Banyak Cabang Industri Lain Ikut Berkembang

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 29 Mar 2019 15:23 WIB
Wapres Jusuf Kalla saat menghadiri Hari Film Nasional. (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri peringatan Hari Film Nasional ke-69 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). JK mendorong sineas Indonesia makin kreatif untuk mengembangkan industri yang terdampak oleh film.

"Kalau film berkembang, banyak cabang industri yang berkembang. Baik industri filmnya, industri bioskop layar lebar, industri makanan, industri berbagai hal yang menjadi pengaruh atau dibutuhkan dalam hal-hal industri film tersebut," kata JK dalam sambutannya di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

JK mengatakan film mempunyai berbagai macam fungsi. Selain hiburan dan pendidikan, film bisa mendorong perekonomian Indonesia.

"Karena itulah, yang harus ditingkatkan di samping inovatif. Karena film itu berfungsi berbagai fungsi. Pertama fungsi hiburan, fungsi pendidikan, fungsi industri," jelas JK.

JK berharap dunia perfilman Indonesia semakin maju. Menurutnya, banyak orang terlibat dalam bisnis tersebut akan semakin diuntungkan bila dunia perfilman maju.

"Kita harapkan adanya kemajuan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Sekali lagi dengan harapan kepada masa depan, karena film juga merupakan suatu bisnis yang besar begitu banyak orang yang bekerja di film," paparnya.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya selalu mendukung dunia perfilman untuk maju. Dia menuturkan dorongan yang dilakukan Kemendikbud di antaranya memfasilitasi produksi film hingga penyewaan hak film.

"Dorongan Kementerian di antaranya program peningkatan kompetensi insan perfilman, fasilitasi produksi, penayangan film, dan penyewaan hak tayang film," jelas Muhadjir.


Simak Juga "Bincang-bincang, Saat JK Ada di Persimpangan Jalan":

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/dkp)