DetikNews
Jumat 29 Maret 2019, 11:38 WIB

Jelang Debat IV, Begini Beda Visi Misi Ideologi Jokowi vs Prabowo

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jelang Debat IV, Begini Beda Visi Misi Ideologi Jokowi vs Prabowo Foto: Jokowi dan Prabowo (Edi Wahyono)
Jakarta - Salah satu tema debat keempat Pilpres 2019 yang mempertemukan para capres ialah tentang ideologi. Begini beda visi misi Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto di bidang tersebut.

Seperti dilihat detikcom, Jumat (29/3/2019), baik Jokowi maupun Prabowo sama-sama mengedepankan Pancasila dalam visi misi mereka tentang ideologi.


[Gambas:Video 20detik]


Visi misi Jokowi soal ideologi itu tertuang dalam bagian 'Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa' dengan penekanan di poin 'Pembinaan Ideologi Pancasila'. Sedangkan visi misi Prabowo yang menyinggung ideologi tertuang di fokus keempat dalam bagian 'Program Aksi, Memperkuat Rasa Persatuan dan Kesatuan sebagai Peneguhan NKRI'.

Untuk Jokowi, capres petahana itu menegaskan Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja, yang dapat diimplementasikan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Prabowo Subianto dalam visi misi 'Indonesia Menang' tersebut mengatakan mereka ingin mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi yang sesungguhnya, yaitu demokrasi yang sesuai dengan Pancasila dan UUD Tahun 1945.


Berikut ini perbandingan visi misi Jokowi dan Prabowo tentang ideologi:

Joko Widodo (Jokowi)

Pembinaan Ideologi Pancasila

Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif di dalam penyelenggaraan negara. Kita ingin Pancasila menjadi ideologi yang bekerja, yang dapat diimplementasikan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembinaan Ideologi Pancasila dilakukan dalam kerangka sistem dengan metode yang lebih sesuai dengan kebutuhan generasi muda.

1. Mengoptimalkan peran dan fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

2. Menerapkan standardisasi materi dan metode pembelajaran Pancasila dalam sistem pendidikan dan
pelatihan yang direkomendasikan BPIP

3. Mengevaluasi dan membaharui peraturan perundang-undangan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.


Prabowo Subianto

Program Aksi: Memperkuat Rasa Persatuan dan Kesatuan sebagai Peneguhan NKRI

Kehidupan berbangsa dan bernegara tengah mengalami degradasi. Potensi perpecahan dan konflik antar-elemen bangsa semakin besar. Jika tidak segera disikapi, maka hal ini dapat membahayakan keutuhan bangsa indonesia. Untuk itu Prabowo-Sandi berkomitmen:

1. Mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi yang sesungguhnya, yaitu demokrasi yang sesuai dengan Pancasila dan UUD Tahun 1945

2. Mengaktifkan kembali kegiatan kolektif kemasyarakatan yang bersifat gotong-royong agar bisa menjalin jalinan persatuan antar-elemen masyarakat sejak dini

3. Mengedepankan semangat Tunggal Ika yang tidak terpisahkan di masyarakat yang ber-Kebhinnekaan untuk memperkuat rasa persaudaraan, toleransi, persatuan dan kesatuan antar-anak bangsa

4. Mewujudkan penegakan hukum yang adil, tidak tebang pilih, transparan dan mewujudkan penerapan reformasi birokrasi yang berkualitas.



Saksikan juga video 'Apa Kabar Minat Pemilih Muda Pada Pemilu?':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed