Gunung Agung Erupsi, 2 Desa di Bali Hujan Pasir

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 28 Mar 2019 19:07 WIB
ilustrasi gunung agung (Foto: dok. PVMBG)
Denpasar - Gunung Agung, Bali kembali erupsi sore tadi sekitar pukul 18.25 WIB. Kali ini dua desa di Kabupaten Karangasem terkena hujan pasir.

"Terjadi erupsi pukul 18.25 Wita tapi tinggi abu belum termonitor. Hasil pantauan dari radio Pasebaya hujan pasir turun di banjar Cegi Desa Ban, dan Temakung Ban, Kubu," kata Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa ketika dimintai konfirmasi, Kamis (28/3/2019).

Arimbawa menambahkan masyarakat tetap beraktifitas seperti biasa. Beberapa umat masih melakukan persembahyangan di Pura Besakih.



"Pos Kedungdung, pemedek (umat) masih banyak melakukan persembahyangan. Hasil update informasi akan kami sampaikan berikutnya, kami masih tetap koordinasi dengan para relawan dan kepala desa," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, erupsi gunung Agung terjadi pukul 18.25 Wita. PVMBG tidak mendapat informasi soal tinggi kolom abu, namun suara gemuruh terdengar sampai pos pengamanan.



Masyarakat pun diimbau menjauhi zona radius bahaya 4 km dari puncak. Saat ini status Gunung Agung masih berada di level III (Siaga).

"Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung," tulis PVMBG.



Tonton juga video Bule Jerman yang Banting Penjaga Bromo:

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rvk)