Janji Kampanye Jokowi di Balikpapan: Tol dan Bendungan Rampung Akhir 2019

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mar 2019 14:45 WIB
Ilustrasi Jokowi saat meninjau proyek tol. (Foto: Dok.Wijaya Karya)
Balikpapan - Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur akan tersambung tol akhir tahun 2019. Jalan tol ini terbentang sepanjang 99 kilometer.

"Tol Balikpapan-Samarinda sudah selesai? Memang belum, saya tahu, saya intipi setiap hari. Jadi jalan tol Balikpapan-Samarinda tinggal 20% akan kita selesaikan akhir tahun ini Insyaallah nanti Balikpapan-Samarinda Insyaallah 99 kilometer yang biasanya ditempuh 3 jam, betul?" ujar Jokowi saat kampanye akbar di Gedung Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019).


[Gambas:Video 20detik]


Dengan tersambungnya tol, Jokowi menyebut Balikpapan-Samarinda dapat ditempuh selama 1 jam. Jokowi juga menjanjikan tersambungnya ruas tol dari Samarinda menuju Bontang.

"Ini Pak Awang Faroek ada di sini, selamat siang Pak. Jadi Balikpapan-Samarinda biasanya 3 jam, kalau jalan jadi akan ditempuh maksimal 1 jam. Supaya semuanya tahu, nantinya Balikpapan-Samarinda selesai diteruskan sampai ke Bontang, siapa yang setuju tunjuk jari?" ujar Jokowi.

Pembangunan infrastruktur lainnya yang dipaparkan Jokowi adalah Bendungan Teritip, Bendungan Marang Kayu, dan Bendungan Tapin di Kalimantan. Khusus yang terakhir, Jokowi menjanjikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan rampung akhir 2019.


"Perlu saya sampaikan, bahwa telah diselesaikan sampai akhir 2016 kemarin Bendungan Teritip sudah selesai, kemudian Bendungan Marang Kayu 2017 sudah selesai, ini di Kutai Kartanegara. Kemudian Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan akhir tahun akan diselesaikan. jadi sudah ada 3 bendungan yang kita bangun dalam 4,5 tahun ini. siapa yang setuju dibangun bendiungan lagi?" kata Jokowi.

Komitmen Jokowi di bidang infrastruktur mendapat pujian dari Tim Kampanye Nasional (TKN). TKN Jokowi-Ma'ruf menyebut capres nomor urut 01 ini tidak berorientasi Jawa-sentris, melainkan Indonesia-sentris.

"Kita bersyukur, tol pertama di Kalimantan yakni rute Balikpapan-Samarinda akan beroperasi tahun 2019 ini. Masyarakat bisa memanfaatkan untuk transportasi orang maupun logistik yang lebih efisien, dengan demikian ekonomi di Kalimantan akan meningkat," ujar Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir.


Saksikan juga video 'Pak Jokowi, Harga BBM di Madapolo Mencekik Nelayan':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/tor)