DetikNews
Rabu 27 Maret 2019, 20:27 WIB

Sandi Ingin Milenial Indonesia Jadi POP, Apa Maksudnya?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sandi Ingin Milenial Indonesia Jadi POP, Apa Maksudnya? Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)
Sorong - Cawapres Sandiaga Uno punya pesan untuk milenial Indonesia. Dia ingin milenial Indonesia menjadi generasi yang 'POP'. Apa maksudnya?

POP yang dimaksud Sandi, seperti dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2019), ialah 'positif, optimis, dan produktif'. Pesan agar milenial Indonesia jadi generasi POP disampaikan Sandi dalam acara Dialog dan Ngopi Millennials di Cafe Teras Kayu, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (27/3/2019).

"Jadi milenial itu harus positif. Bukan hanya dalam berpikir, tapi juga bertindak. Pikiran yang positif akan melahirkan ide-ide segar dalam aktivitas apapun yang kalian lakukan. Termasuk ide dalam berusaha. Karena milenial itu harusnya menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja," terang Sandi.


Menurut Sandi, Indonesia kaya raya. Hanya, menurutnya, itu belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat banyak sebagaimana amanat UUD '45.

"Tapi mari jangan saling menyalahkan, saling tuding, tapi kita harus berpikir bagaimana ke depannya bangsa ini. Karena milenial adalah bonus demografi yang menjadi anugerah buat bangsa ini. Milenial harus selalu optimis. Optimis dalam menjalankan hari-hari, membuat kita tidak pernah putus asa dan terus mencari peluang-peluang baru, inovasi-inovasi baru," terang Sandi.


Setelah berpikir positif dan optimistis, kata Sandi, milenial juga harus produktif. "Milenial itu harus menjadi solusi membantu perekonomian Indonesia yang sedang tidak baik karena minimnya penciptaan dan penyediaan lapangan kerja. Milenial itu menciptakan lapangan kerja, jangan cari kerja," terang Sandi.

Calon wakil presiden nomor urut 02 ini menambahkan Indonesia punya keunggulan karena mendapatkan bonus demografi pada 2020 dan mencapai puncaknya pada 2030. Jika itu tidak dimanfaatkan, sebut Sandi, bangsa ini hanya akan menjadi penonton, bukan pemain. "Mau jadi pemain atau penonton?" tanya Sandi yang dijawab 'pemain' oleh peserta diskusi.
(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed