Mendagri Tak Jadi Dipanggil di Sidang Suap Meikarta

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Mar 2019 18:03 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Jaksa KPK tidak jadi memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai saksi dalam persidangan perkara suap terkait perizinan proyek Meikarta. Sebab, menurut jaksa, peran Tjahjo tidak termasuk dalam pembuktian perkara.

"Dari BAP (Berita Acara Pemeriksaan) yang kita baca, tidak terkait dengan pembuktian, artinya hanya ditelepon oleh Bu Neneng (Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin). Itu saja," ujar jaksa KPK I Wayan Riana usai persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (27/3/2019).

Awal mula kemunculan nama Tjahjo dalam pusaran perkara ini ketika Bupati Neneng menyebut namanya dalam sidang. Neneng mengaku pernah berkomunikasi dengan Tjahjo saat menghadap ke Soni terkait polemik penghentian perizinan Meikarta. Neneng menyebut Tjahjo meminta bantuannya mengurus perizinan Meikarta.

Dalam persidangan sebelumnya Soni sempat dihadirkan sebagai saksi. Menurut jaksa, keterangan Soni sudah mewakili Tjahjo.




"Sudah terbukti di Soni (Sumarsono/mantan Direktur Jenderal Otonomi Daerah), terakomodir di keterangan Soni," imbuh Wayan yang juga menyebutkan Tjahjo tidak akan dihadirkan dalam sidang.

Dalam persidangan sebelumnya Soni membenarkan adanya komunikasi antara Tjahjo dengan Neneng. Namun awalnya Soni tidak tahu apa isi pembicaraan keduanya. Belakangan ketika perizinan Meikarta menjadi polemik, Soni mengaku bila Tjahjo bercerita padanya.

"Dibantulah tapi harus sesuai aturan, itu kata-kata Pak Menteri setelah saya tanya. Intinya menyelesaikan," kata Soni pada saat bersaksi dalam persidangan sebelumnya.

Tjahjo pun sebenarnya sudah menjalani pemeriksaan di tingkat penyidikan. Pada saat itu dia mengakui berbicara dengan Bupati Neneng melalui sambungan telepon.

"Saya bicara saja, 'Ya sudah kalau sudah beres semua segera bisa diproses sesuai aturan.' Itu saja," ucap Tjahjo pada saat itu.



Tonton juga video Aher dan Deddy Mizwar Jadi Saksi Sidang Suap Meikarta:

[Gambas:Video 20detik]

(dir/dhn)