detikNews
Rabu 27 Maret 2019, 02:20 WIB

Kotak Suara Dimakan Rayap, PKS DKI Desak KPUD Cepat Bertindak

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kotak Suara Dimakan Rayap, PKS DKI Desak KPUD Cepat Bertindak Foto Kotak Suara Dimakan Rayap (Dok. Istimewa)
Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mendesak KPU DKI bergerak cepat mengatasi masalah kotak suara rusak di Jakarta. Salah satu kotak suara rusak berada di kawasan Jakarta Selatan. Ini ditemukan Yani dalam sidaknya.

Yani menyebut, saat melakukan sidak di kantor Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan, pada Selasa (26/3), dia menemukan kotak suara yang kondisinya rusak karena sudah dimakan rayap sehingga sudah tidak layak pakai.


[Gambas:Video 20detik]


"Kotak-kotak ini kan disimpan dengan rapi oleh pihak Kecamatan namun ternyata ada hama rayap. Kotaknya kan dari kardus, jadi mudah sekali dirusak oleh rayap," kata Yani, yang juga anggota Komisi A DPRD DKI, melalui keterangan tertulis, Rabu (27/3/2019).

Atas temuan ini, Yani meminta KPUD DKI Jakarta segera menanganinya secara serius. Sebab, menurutnya, jika tidak segera ditangani, hal itu akan mengganggu pemilu mendatang.

"Kami harapkan agar KPUD DKI dapat bertindak dengan cepat dalam menyelesaikan masalah kotak suara yang rusak tersebut karena ini berpotensi mengganggu pelaksanaan pemilu," ungkapnya.



Terakhir, Yani mengimbau semua pihak memeriksa kembali seluruh perlengkapan pemilu agar hal serupa tidak terjadi di tempat lain. Hal ini, menurutnya, merupakan salah satu upaya agar pemilu serentak berlangsung lancar.

"Kami imbau KPU pusat dan juga KPU provinsi agar berkoordinasi dengan semua pihak, untuk memeriksa kembali perlengkapan pemilu. Ini pencegahan jangan sampai berakibat tertundanya pelaksanaan pemilu karena perlengkapannya rusak," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Kotak Suara 'Kardus' di Cirebon Rusak, KPU: Ya Diganti':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com