DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 20:38 WIB

Bos Sido Muncul Ajak Donatur Perluas Rumah Singgah Penderita Kanker

Nabilla Putri - detikNews
Bos Sido Muncul Ajak Donatur Perluas Rumah Singgah Penderita Kanker Foto: Nabilla Putri
Jakarta - Bos Sido Muncul Irwan Hidayat mengajak para donatur untuk membantu perluasan rumah singgah khususnya bagi pasien kanker. Sebagai pembuka jalan, Irwan yang juga menggandeng anak perusahaannya PT Berlico Farma menjadi donatur untuk perluasan Rumah Singgah Sasana Marsudi Husada, Yogyakarta yang dikelola pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang DIY.

"Menurut saya rumah singgah ini sudah bagus namun jumlahnya masih kurang. Saya dihubungi Pak Heri mantan wali kota tentang rumah singgah ini makanya saya jadi punya ide, bahwa kami akan ikut membantu perluasan rumah singgah yang ada di sini," ungkap Direktur Sido Muncul ini di sela-sela acara bantuan donasi untuk perluasan Rumah Singgah Sasana Marsudi Husada, Yogyakarta, Selasa (26/3/2019).


Ia mengaku bahwa ia hanya menyumbang 2 buah kamar dari total 30 kamar perluasan yang direncanakan. Untuk itu ia mengajak seluruh donatur untuk ikut berpartisipasi dalam membantu pasien kanker melawan penyakitnya dengan memberikan semangat melalui rumah singgah.

"Saya yakin orang bisa nyumbang itu banyak tapi bingung mau nyumbang di tempat yang tepat dan terpercaya itu di mana. Ya saya sekarang cuma nyumbang 2 kamar masih butuh 28 kamar, ya kalau yang lain bisa bantu ya bantu bangunannya, atau menyumbang ambulance, atau memberi bantuan living cost," ajak Irwan.

Ia memaparkan donatur bisa membantu dalam hal living cost karena keluarga yang menunggu harus meninggalkan pekerjaannya dan tidak mendapatkan penghasilan.

"Pokoknya bantuan apapun sangat berharga, dan ini juga saya tidak hanya rumah singgah di Yogyakarta. Ya bisa di Semarang atau kota-kota lainnya juga. Saya juga berterima kasih sama Pak Heri karena memberikan ide membantu merekomendasikan ide bantuan," papar Irwan.


Menurut Istri Mantan Wali Kota Yogyakarta yang juga salah satu tim pelaksana pembangunan perluasan Rumah Singgah Sasana Marsudi Husada, Yogyakarta YKI DIY Dyah Suminar juga memaparkan bahwa seiring berjalannya waktu, permintaan akan rumah singgah semakin banyak karena untuk saat ini kamar yang tersedia hanya 7 kamar untuk 13 pasien. Oleh karena itu diputuskanlah untuk membangun perluasan rumah singgah bagi para pasien kanker yang berjuang melawan penyakitnya.

"Karena ketika menderita kanker kan pengobatannya periodik, bertahap dan cukup lama. Sehingga jika untuk tinggal akomodasinya hanya bisa ditanggung pasien itu sendiri. Oleh karenanya YKI DIY punya inisiatif untuk rumah singgah yang pertama karena kapasitasnya kurang ya jadi kita membangun yang kedua supaya lebih banyak yang bisa tertolong khususnya untuk pasien yang miskin," ungkap Dyah.

Sehingga bantuan yang diberikan PT Sido Muncul dan PT Berlico Farma sebesar Rp 400 juta sangat membantu merealisasikan pembangunan rumah singgah kedua yang direncanakan untuk peletakan batu pertama pada bulan Mei nanti. Bahkan ia juga membuka pintu bagi para donatur yang lainnya mengingat jumlah dana yang dibutuhkan lebih dari Rp 5 miliar dan yang terkumpul baru sebesar 30%.

Salah satu pasien kanker, Puri Sulistyorini juga mengungkapkan terbantu adanya Rumah Singgah Sasana Marsudi Husada, Yogyakarta karena dirinya harus melakukan sinar setiap harinya. Dengan jarak rumah cukup jauh sehingga ia harus tinggal di rumah singgah.

"Terbantu ya adanya rumah singgah di YKI DIY untuk berobat kan harus setiap hari kalau sinar jadi tinggal di rumah singgah sini. Kalau di tempat lain bayar mahal jadi jika di sini lebih terbantu biayanya. Tapi pernah teman saya ke sini itu penuh jadinya cari tempat lain, ya kalau bisa ditambah biar tidak ada seperti teman saya yang tidak bisa menginap di sini gitu," ungkap wanita berumur 49 tahun ini.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed