DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 17:09 WIB

Dua Hakim PN Jaksel Segera Jalani Sidang Kasus Suap

Faiq Hidayat - detikNews
Dua Hakim PN Jaksel Segera Jalani Sidang Kasus Suap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Dua hakim PN Jakarta Selatan Iswahyu Widodo dan Irwan akan segera disidangkan. Iswahyu Widodo dan Irwan merupakan tersangka kasus suap dagang perkara di PN Jaksel.

"Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan 2 tersangka TPK Suap terkait dengan putusan perkara perdata di PN Jakarta Selatan Tahun 2018 ke penuntutan (tahap 2) atas nama tersangka I (Irwan) hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan IW (Iswahyu Widodo) hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (26/3/2019).

Rencana sidang kasus suap tersebut akan dilakukan di PN Jakarta Pusat. Saat ini KPK sudah memeriksa 25 orang sebagai saksi dari berbagai unsur hakim hingga pengusaha.




Iswahyu dan Irwan, serta panitera pengganti PN Jaktim M Ramadhan ditetapkan KPK sebagai tersangka penerima suap.

Suap terkait perkara perdata, yakni akuisisi PT Citra Lampia Mandiri oleh PT Asia Pacific Mining Resources yang digelar di PN Jaksel. Keduanya diduga telah menerima suap Rp 150 juta dan dijanjikan Rp 500 juta dari pihak penggugat, Arif Fitrawan.

Uang Rp 150 juta itu diterima Widodo dan Irwan dari Arif melalui perantara Muhammad Ramadhan. Duit Rp 150 juta itu diberikan untuk mempengaruhi putusan sela agar tidak putus NO, yang sudah diketok pada Agustus 2018.

Widodo dan Irwan juga dijanjikan duit Rp 500 juta. Duit tersebut untuk mempengaruhi putusan perkara.



(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed