DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 16:16 WIB

Miris! Gedung Juang '45 Bekasi Rusak dan Dipenuhi Kotoran Kampret

Isal Mawardi - detikNews
Miris! Gedung Juang 45 Bekasi Rusak dan Dipenuhi Kotoran Kampret Foto: Gedung Juang 45 (Isal Mawardi-detikcom)
Bekasi - Kondisi Gedung Juang '45 Bekasi yang terletak di Tambun, Kabupaten Bekasi saat ini memprihatinkan. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini tidak terurus dan banyak kerusakan di sana-sini.

"Masalahnya di kampret. Mau plafon kayak apa juga tetep aja kampretnya masih ada. Rusak lagi, rusak lagi," ujar relawan Gedung Juang, Lepay Mulyasarna, di Gedung Juang, Jalan Hasanudin nomor 5, Tambun, Kabupaten Bekasi, Selasa (26/3/2019).

Lepay mengatakan Gedung Juang baru direnovasi tahun lalu. Namun, banyaknya kampret membuat plafon bangunan bersejarah tersebut kembali ambrol.

Kondisinya sangat kotor dan berbau pesing.Kondisinya sangat kotor dan berbau pesing. Foto: Gedung Juang 45 (Isal Mawardi-detikcom)


"Sekarang berapa kali renovasi tetep aja ada kampret lagi. Percuma aja buang-buang anggaran, rusak lagi rusak lagi. Sudah ngomong sama dinas terkait tapi belum direspon-respon," ujar Lepay.

Lepay mengklaim terdapat jutaan kampret yang hinggap di atap Gedung Juang. Walau pengurus rutin membersihkan Gedung Juang dua kali dalam seminggu, namun kotoran masih berserakan.

"Rusaknya itu karena dikencingi dan kotorannya dia juga. Kampret kan lebih dari jutaan di sini. Dulu pas renovasi ilang, terus setelah renovasi balik lagi," ujar Lepay.



Saking bau pesing, Lepay menceritakan kunjungan murid sekolah dasar tempo hari yang tak tahan hingga muntah.

"Terakhir kunjungan dari SD Tanjung Priok kesini. Dibawah kita ajakin muter, pas keatas (lantai 2) pada muntah," ujar Lepay.

Plafon atap bangunan ambrol akibat kampret.Plafon atap bangunan ambrol akibat kampret. Foto: Gedung Juang 45 (Isal Mawardi-detikcom)


Pantauan detikcom, kondisi lantai dua bangunan tersebut penuh dengan kotoran kampret. Kotoran kelelawar memenuhi anak tangga hingga pinggir lorong.

Aroma bau pesing menyengat tercium di lantai 2. Sejumlah atap plafon Gedung Juang bolong.

Sebagian plafon ada yang masih menggantung di atap. Sementara lantai juga sangat kotor.




Simak Juga 'Semangat Sumpah Pemuda Riders Road Warriors KTM Duke':

[Gambas:Video 20detik]




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed