DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 16:17 WIB

Jokowi Kampanye Terbuka, Tugas-tugasnya Dialihkan ke JK

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jokowi Kampanye Terbuka, Tugas-tugasnya Dialihkan ke JK Jokowi dan Jusuf Kalla (Foto: Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Presiden yang juga capres petahana Joko Widodo (Jokowi) melakukan kampanye terbuka selama tiga minggu ke depan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan tugas-tugas Jokowi dialihkan ke dirinya selama masa kampanye terbuka.

"Kalau tugas-tugas bisa dialihkan, sementara ini kan semua acara-acara saya yang hadiri," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).


Meski demikian, JK memastikan kewenangan Jokowi tidak bisa dilimpahkan kepadanya. Dia mengatakan hanya mewakili dalam kegiatan rapat atau kegiatan lainnya saat Jokowi berkampanye.

"Tapi kewenangan tentu di Indonesia ini tidak bisa dialihkan kalau seperti itu. Jadi, tugas-tugas di Jakarta, Ibu Kota ini harus saya jalani. Termasuk juga rapat-rapat banyak hal yang saya tangani selama beliau aktif berkampanye," jelas JK.

JK mengatakan tiga minggu yang digunakan Jokowi untuk kampanye bukan masa transisi. Dia mengatakan menggantikan Jokowi hanya terkait operasional.


"Ini bukan transisi, kok, cuma tiga minggu. Tapi tugas-tugas itu dialihkan semua," jelas JK.

Jokowi sendiri memulai kampanye terbuka sejak beberapa hari lalu. Jokowi sudah mengunjungi Banten, Jawa Timur, hingga Aceh untuk menggelar kampanye akbar.
(fdu/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed