DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 15:16 WIB

Tawa Membahana Saat JK Goreskan Angka 1 di Pembukaan Pameran Narapidana

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tawa Membahana Saat JK Goreskan Angka 1 di Pembukaan Pameran Narapidana Foto: Wapres JK mengoreskan angka 1 di kanvas saat pembukaan pameran produk narapidana di Kemenperin. (Fida-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka 'Pameran Unggulan Produk Narapidana' di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). JK sempat membuat tawa menteri yang hadir pecah saat menggoreskan angka 1 saat membuka pameran itu.

JK awalnya memberikan sambutan yang mengapresiasi pameran di kantor Kemenperin, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (26/3/2019). JK lalu diminta oleh pembawa acara menggoreskan kuas di kanvas untuk membuka acara.


JK tanpa ragu-ragu menggoreskan kuas. Tawa hadirin pecah saat mengetahui JK menuliskan angka 1 pada kanvas.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly terkejut sambil mengacungkan jempol. Sementara Menperin Airlangga Hartato tampak ragu-ragu untuk ikut mengacungkan jempol.

Tawa Membahana Saat JK Goreskan Angka 1 di Pembukaan Pameran NarapidanaFoto: Wapres JK mengoreskan angka 1 di kanvas saat pembukaan pameran produk narapidana di Kemenperin. (Fida-detikcom)

JK mengapresiasi pameran produk bagi narapidana. Menurutnya, narapidana harus mendapat pembinaan yang baik untuk bisa kembali diterima masyarakat.

"Dahulu saya kecil saya mengenal keset kaki dari kelapa itu dari penjara. Sekarang syukur berbagai macam produk, maka tentu produktivitas di dalam sangat bagus," kata JK.


JK menuturkan narapidana butuh pembinaan agar tidak mengulangi kejahatan saat kembali ke masyarakat. Pelatihan wirausaha dinilai sabagai salah satu cara yang ampuh membina narapidana.

"Mungkin ke luar akan menambah kejahatan ya, sehingga kalau tidak punya kemampuan susah. Karena itulah perlua upaya yang lebih bermakna," jelasnya.

Hadir pula Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kepala Bekraf Triawan Munaf hadir dalam acara tersebut.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed