DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 12:08 WIB

Ada Shelter di Stadela, Ojol Depok Diimbau Tak Mangkal di Bahu Jalan

Matius Alfons - detikNews
Ada Shelter di Stadela, Ojol Depok Diimbau Tak Mangkal di Bahu Jalan Foto: Shelter Ojol di Seberang Stasiun Depok Lama (Matius Alfons-detikcom)
Depok - Ojek online di Depok kini memiliki shelter khusus untuk menunggu orderan. Dengan adanya shelter itu, para driver ojek online diimbau untuk tidak lagi mangkal di pinggir jalan.

"Iya agar para ojol tidak parkir di bahu jalan, satu-dua ada tapi selalu diimbau untuk masuk shelter, tapi trend itu positif," kata Kadishub Depok Dadang Wihana saat dihubungi wartawan, Selasa (26/3/2019).

Shelter yang sudah dibangun saat ini ada di dekat Stasiun Depok Lama (Stadela). Dadang mengungkap, shelter itu dibangun selama 6 bulan oleh komunitas ojol dan aplikator, sementara Pemkot Depok hanya menyediakan fasilitas lahan.

"Itu panjang prosesnya sekitar 6 bulanan, kita gunakan pendekatan community based, jadi dari, oleh, dan untuk mereka gitu. Pemerintah hanya fasilitasi dalam mempertemukan mitra-mitra, aplikator, dan investor, tanpa APBD, seluruh pihak kerjakan itu. Kita fasilitasi itu," ungkapnya.

Shelter tersebut diklaimnya bisa menampung hingga 600 unit motor. Sebelumnya, dia mengakui ribuan ojol mangkal di depan Stasiun Depok Lama.

"Ada 1.600 ojol, kalau saat turun kereta itu 'wah' sekali," ucapnya.

Dengan adanya shelter tersebut, para driver diminta untuk tidak mangkal di depan Stasiun Depok Lama. Para penumpang juga diimbau menyeberang sedikit ke shelter untuk menemui driver.



"Diimbau kepada customer ojol untuk bisa kerja sama, berjalan kaki sedikit ke shelter sehingga nanti naik dari shelter. Jadi kemacetan di Stasiun Depok Lama itu teratasi karena disamping ojol di bahu jalan, tapi juga nyebrang ini customer," sambungnya.

Sementara para driver ojol di sekitar Stasiun Depok Lama dipastikan tidak bisa menarik penumpang di luar shelter. Sebab titik koordinat di depan Stasiun Depok Lama

"Ini aplikator, jadi saya minta relokasi sinyal ke satu koordinat, jadi sinyal hanya bisa dipakai (ojol) di shelter itu, sudah berlaku untuk Go-Jek, Grab, kecuali Grabnow masih di depan ruko-ruko," tuturnya.

Shelter ini hanya untuk ojol yang sering mangkal di depan Stasiun Depok Lama. Lalu, bagaimana dengan ojol lain yang suka mangkal di pinggir jalan, seperti di pinggir jalan menuju ke Stasiun Pondok Cina?

"Kalau di titik lain, jadi kalau kita keluarin Amdal lalin, karena kewenangan Dishub, maka saya selalu minta dibuat spot untuk ojol. Saya arahkan begitu ketika ajukan izin Amdal lalin apapun saya minta pengendapan untuk ojol," tandasnya.


(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed