DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 10:13 WIB

LIPI Klarifikasi Migrasi Suara Pilpres 2019, Pastikan Tidak Keluarkan Hasil Survei

Tim detikcom - detikNews
LIPI Klarifikasi Migrasi Suara Pilpres 2019, Pastikan Tidak Keluarkan Hasil Survei Gedung LIPI (Foto: Instagram/@lipiindonesia)
Jakarta - Kepala Pusat Penelitian Politik-LIPI Prof Dr Firman Noor, MA, memberikan klarifikasi mengenai paparannya soal migrasi suara Pilpres 2019. Firman hanya memaparkan soal peluang migrasi suara, sama sekali tidak mengeluarkan hasil survei.

Firman memberikan klarifikasi untuk menanggapi konten video di 20detik.com dengan judul 'LIPI Ungkap Penyebab Migrasi Suara Jelang Pilpres'. Video itu berisi konten yang salah satunya pernyataan Firman dalam Diskusi 'Migrasi Suara Pilpres 2019: Hasil Survei versus Realitas' yang diselenggarakan oleh Rumah Demokrasi di Jakarta, Minggu, 24 Maret 2019.

Firman menyatakan, dalam diskusi itu, dia hadir sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019, dengan melihat peluang migrasi dapat terjadi melalui perpindahan dari satu pasangan calon ke pasangan calon lain, dan/atau dari swing voter ke salah satu pasangan calon.

LIPI, lanjut Firman, tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas Jokowi-Maruf 40,30%, Prabowo-Sandi 45,45%, dan tidak tahu/tidak jawab 14,25%.

"Hasil survei yang disampaikan dalam diskusi pada tanggal 24 Maret 2019 tersebut adalah hasil survei Rumah Demokrasi yang disampaikan oleh Sdr Ramdansyah. LIPI tidak terlibat sama sekali di dalam proses dan penyampaian hasil survei tersebut," kata Firman.

Tanggapan redaksi:

Setelah mendapatkan klarifikasi dari Firman Noor, redaksi segera memutakhirkan konten dalam video berjudul 'LIPI Ungkap Penyebab Migrasi Suara Jelang Pilpres' untuk mencegah dan menghentikan timbulnya mispersepsi. Pemutakhiran dilakukan sesuai dengan klarifikasi dari Firman, yakni dia hanya hadir dalam diskusi itu sebagai pembicara dan survei yang dipaparkan dalam acara itu dilakukan oleh rumah Demokrasi.
(fjp/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed