DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 10:07 WIB

Bawaslu Gelar Sidang Putusan Kasus Mendes Siang Ini

Dwi Andayani - detikNews
Bawaslu Gelar Sidang Putusan Kasus Mendes Siang Ini Foto: Bawaslu (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta - Bawaslu akan menggelar sidang putusan kasus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo terkait dugaan pelanggaran pemilu. Sidang putusan tersebut diagendakan berlangsung siang ini.

"Sidang dengan agenda pembacaan putusan dugaan pelanggaran yang dilakukan Mendes, diagendakan siang ini pukul 14.00 WIB," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat dihubungi detikcom, Selasa (26/3/2019).


Afif mengatakan pihaknya telah memberikan undangan terkait jadwal sidang putusan. Dia menyebut undangan ini diberikan kepada pihak pelapor dan terlapor.

"Pelapor dan terlapor diinfokan untuk sidang putusan," kata Afif.

Sebelumnya, Bawaslu juga telah memeriksa Eko dalam sidang pemeriksaan (20/3). Dalam pemeriksaannya, Bawaslu menginformasikan atau meminta penjelasan Eko terhadap barang bukti yang ditemukan.

"Sudah masuk sidang, kita hanya konfirmasi alat bukti kok, dihadiri Pak Menteri," ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja, (20/3).


Bagja mengatakan terdapat beberapa bukti yang dimintakan konfirmasi. Barang bukti dimaksud terkait surat permohonan cuti, foto Eko pada saat acara deklarasi, hingga mengkonfirmasi kegiatan yang dilakukan.

Diketahui, pemeriksaan dilakukan karena adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Eko. Pelanggaran tersebut terkait kampanye yang diduga tanpa cuti.

Dugaan pelanggaran ini merupakan hasil temuan Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akhirnya dilaporkan dan diproses di Bawaslu RI. Kampanye diduga tanpa izin ini diduga dilakukan Eko di Sultra pada 22 Februari 2019.


Saksikan juga video 'Mendes Buka-bukaan Kasus Korupsi Dana Desa':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed