DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 07:55 WIB

Survei Charta Politika: Jokowi Ungguli Prabowo di DKI Jakarta dan Banten

Mochamad Zhacky - detikNews
Survei Charta Politika: Jokowi Ungguli Prabowo di DKI Jakarta dan Banten Foto: edEdi Wahyono
Jakarta - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mengungguli Prabowo Subianto di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Berdasarkan survei Charta Politika elektabilitas Jokowi unggul tipis 2,2 persen dari Prabowo.

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 1-9 Maret 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 2.000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.




"DKI Jakarta dan Banten, Jokowi-Ma'ruf Amin 44,2 persen, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 40 persen," demikian hasil survei Charta Politika yang dirilis Senin (25/3/2019).

Dalam survei khusus untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten itu, Charta Politika mencatat ada 15,8 responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Sebelumnya, secara keseluruhan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf meninggalkan jauh pasangan Prabowo-Sandiaga. Selisihnya mencapai 15 persen.




"Pada pengujian tingkat elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipilih oleh 53,6 % mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 %," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, di kantor Charta Politika, Jalan Cisanggiri III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Charta Politika juga mencatat kedua pasangan capres-cawapres mengalami kenaikan suara dibandingkan survei sebelumnya. Dalam survei yang dilakukan pada Januari, Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 53,2 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 34,1 persen.


Simak Juga "Menjawab Keraguan Validitas Lembaga Survei di Pilpres 2019":

[Gambas:Video 20detik]


(zak/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed