detikNews
Senin 25 Maret 2019, 13:39 WIB

Survei Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf 53,6%, Prabowo-Sandiaga 35,4%

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Survei Charta Politika: Jokowi-Maruf 53,6%, Prabowo-Sandiaga 35,4% Ilustrasi/Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di panggung debat capres/Foto: Rengga Sancaya-detikcom
Jakarta - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019. Hasil survei menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pada pengujian tingkat elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipilih oleh 53,6 % mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 %," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantor Charta Politika, Jalan Cisanggiri III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).




Survei ini dilaksanakan pada tanggal 1-9 Maret 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 2.000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19 % dan tingkat kepercayaan 95 %.

Dalam survei terbaru itu, Charta Politika mencatat ada 11 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan tentang siapa pasangan capres-cawapres yang dipilih.





Charta Politika juga mencatat kedua pasangan capres-cawapres mengalami kenaikan suara dibandingkan survei sebelumnya. Dalam survei yang dilakukan pada Januari, Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 53,2 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 34,1 persen.

Selain itu, jika dilakukan ekstrapolasi pasangan Jokowi-Ma'ruf tetap unggul. Ekstrapolasi elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mencapai 60 persen.
(abw/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com