DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 12:47 WIB

MUI Segera Bangun Rumah Sakit di Hebron Palestina

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
MUI Segera Bangun Rumah Sakit di Hebron Palestina (Foto: Fida/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dibantu dengan beberapa badan amal dari Indonesia akan segera membangun rumah sakit di Hebron, Palestina. Pembangunan rumah sakit ditargetkan mulai bulan depan.

"Kami berharap dengan adanya rumah sakit Indonesia di Tepi Barat maka Indonesia berbuat adil kepada bangsa Palestina. Sementara waktu rumah sakit Indonesia ada di Gaza, di Tepi Barat belum ada," kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI KH Muhyiddin Junaidi di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).



Muhyidin mengatakan luas rumah sakit sekitar 4.000 meter persegi. Biaya pembangunan mencapai Rp 105 miliar dan memakan waktu sekitar dua tahun.

"Luasnya sekitar 4000 meter persegi. Karena hanya dengan biaya sekitar 7 juta US Dollar. Sebagian besar kita yang akan mendanai," jelasnya.



Mahyudin mengatakan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk meminta dukungan. Dia menuturkan rumah sakit akan segera dibangun bulan depan.

"Rumah sakitnya diberi nama rumah sakit Indonesia-Hebron Tepi Barat. Peletakan batu pertamanya sebelum mungkin tanggal 24 April atau tanggal 25. Lalu yang akan meletakkan batu pertama nanti yang kami pastikan adalah pimpinan dari MUI," paparnya.

Mahyudin memastikan akan menyerahkan rumah sakit ke pemerintah setempat usai selesai dibangun. MUI juga tetap akan memberikan bantuan jika diperlukan.

"Setelah jadi 2 tahun, maksimal, kami akan hibahkan. Nah, apabila mereka tidak memiliki human resources dalam mengendalikan dan mengelola rumah sakit itu, kita juga akan memberikan asistensi," jelas Mahyudin.
(fdu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed