DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 11:41 WIB

Instalasi Listrik Jadi Penyebab Terbakarnya TransJ di Pasar Baru

Arief Ikhsanudin - detikNews
Instalasi Listrik Jadi Penyebab Terbakarnya TransJ di Pasar Baru Bus TransJakarta terbakar di Pasar Baru pada 18 Februari 2019. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mengirimkan hasil penyelidikan bus TransJakarta yang terbakar di Pasar Baru, Jakarta Pusat. KNKT menemukan adanya masalah dalam instalasi listrik atau wiring.

"Rekomendasi dari KNKT sudah terbit untuk kita. Di situ ada dua poin yang mengatakan memang desain bus yang terbakar itu dari segi wiring di awal tidak sempurna, harus diperbaiki," kata Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta (25/3/2019).

Pihak TransJakarta akan mengaudit 60 bus Hino sejenis yang sebelumnya sudah di-grounded atau setop operasi sementara. Akan dipastikan wiring bus tidak bermasalah.

"Makanya saat ini seluruh bus itu kita grounded, satu per satu diaudit," ujar Agung.


Kebakaran bus TransJ terjadi pada Senin (18/2) malam di dekat Pasar Baru, Jakarta Pusat. Akibat kejadian itu, sopir sempat dirawat di rumah sakit.

Terbakarnya bus TransJ tidak menimbulkan korban jiwa. Lampu mobil sempat mati sebelum kejadian. Kemudian, muncul asap pekat sebelum bus terbakar.


(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed