DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 10:44 WIB

Saat 'Putih' Diperebutkan Jokowi dan Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Saat Putih Diperebutkan Jokowi dan Prabowo Ilustrasi Surat Suara. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta - Warna ternyata juga jadi perebutan kubu Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Keduanya sama-sama membawa warna putih di kampanye.

Saat kampanye terbuka yang pertama di Banten, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat memilihnya pada 17 April 2019 mendatang. Dia menekankan 'pilih yang baju putih'.

"Hari Rabu, tanggal 17 April, jangan lupa ajak teman-teman kita, saudara kita untuk memilih yang baju putih, pilih yang bajunya putih karena putih adalah kita. Udah jelas semuanya, jelas semuanya," kata Jokowi dalam orasinya di Lapangan Ciceri, Serang, Banten, Minggu (24/3/2019).


Seperti diketahui, foto Jokowi dan cawapres Ma'ruf Amin di surat suara adalah sama-sama memakai baju putih. Jokowi juga diketahui kerap memakai kemeja putih.

Di sisi lain, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga pada 22 Maret 2019 telah menerbitkan maklumat tentang 'Perjuangan Akhir Menuju Indonesia Adil dan Makmur'. Maklumat itu ditujukan kepada seluruh komponen Badan Pemenangan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Partai Pendukung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur, emak-emak, relawan dan simpatisan Prabowo Sandi.

Maklumat itu berisi sejumlah poin, dari pengawalan TPS hingga meminta emak-emak membuat dapur umum untuk memberikan dukungan logistik kepada tim yang bertugas di TPS. Poin kelima dari maklumat itu berisi ajakan kepada para pendukung untuk memakai baju putih saat ke TPS.

"Badan Pemenangan Daerah, Relawan, Pejuang Partai Koalisi Indonesia Adil Makmur, simpatisan dan keluarga datang ke TPS menggunakan busana bernuansa PUTIH," demikian bunyi maklumat tersebut.


Di Twitter, kedua kubu juga menggunakan tagar yang sama-sama menunjukkan warna putih. Pendukung Prabowo sempat menggaungkan tagar #PutihkanSolo. Sementara itu, pendukung Jokowi menyerukan tagar #Pilih01BajuPutih.

Pada akhirnya, siapa yang berjaya mengusung warna putih?



Elektabilitas Jokowi-Prabowo Semakin Menipis? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed