DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 08:53 WIB

Selain Erwin Aksa, Ada Orang-orang 'Golkas' di Kampanye Prabowo?

Danu Damarjati - detikNews
Selain Erwin Aksa, Ada Orang-orang Golkas di Kampanye Prabowo? Foto ilustrasi: Bendera Partai Golkar di kampanye akbar Prabowo Subianto di Makassar (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Politikus Partai Golkar Erwin Aksa hadir pada kampanye akbar Prabowo Subianto di Lapangan Karebosi Makassar, Minggu (24/3) kemarin. Rocky Gerung pernah menyebut Erwin dan gerbongnya sebagai 'Golkas'. Adakah Golkas di kampanye Prabowo kemarin?

Terlepas dari istilah setengah bercanda yang dilontarkan Rocky itu, Erwin menyatakan kampanye akbar Prabowo kemarin juga dihadiri orang-orang Golkar selain dirinya. Dia menyebut mantan Gubernur Sulawesi Selatan sekaligus mantan Ketua DPD Golkar Sulawesi Selatan Amin Sjam turut hadir di acara kemarin.

"Saya lihat ada Pak Amin Sjam mantan Ketua Golkar Sulsel," kata Erwin. Dia menjelaskan, kini Amin juga duduk di Dewan Pertimbangan Partai Golkar. Sedangkan Erwin sendiri pernah menjadi Ketua Bidang Koperasi dan UKM Golkar sebelum akhirnya dicopot dari jabatannya itu usai mendukung Prabowo.



Erwin melihat juga, banyak orang-orang Golkar selain Amin Sjam yang hadir di kampanye Prabowo kemarin namun tidak membawa lambang Golkar. Dia memahami, itu adalah sikap masing-masing individu, bukan sikap kepartaian.

"Saya lihat banyak kawan-kawan Golkar Sulawesi Selatan dan makassar tapi mereka nggak bawa atribut atau simbol partai. Saya kira dukungan pribadi," kata Erwin.

Selain Erwin Aksa, Ada Orang-orang 'Golkas' di Kampanye Prabowo?Foto: Mantan Gubernur Sulsel sekaligus senior Golkar, Amin Sjam, sebelah kanan, berpeci. (Dok Istimewa)

Apakah mereka-mereka itu yang disebut Rocky sebagai Golkas? "Hahaha... bisa jadi," kata Erwin. Dia menilai Rocky sebagai filsuf yang suka guyon, dan guyonan itulah yang membuat Rocky jadi berpengaruh.



Kampanye di Lapangan Karebosi kemarin menjadi kontroversial karena ada massa yang membawa bendera Golkar. Erwin mengaku massa itu bukan arahannya. Dia bahkan mendukung langkah Golkar yang melaporkan peristiwa itu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Soal istilah Golkas, Rocky mengemukakannya pada acara Aliansi Pengusaha Nasional yang juga dihadiri Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (21/3/2019). Rocky memuji sosok Erwin yang, menurutnya, sudah membuat kehebohan di dunia politik dalam dua hari ini. Meski Erwin dicopot dari kepengurusan partai, Rocky menyebut Erwin kini memimpin 'Golkas'.

"Saya balik pada soal hari ini, yaitu niat pengusaha untuk menghasilkan Indonesia yang bermutu. Saudara Erwin, mana Saudara Erwin. Erwin Aksa dua hari ini bikin geger Republik karena surat yang dia tulis itu. Jadi sekarang ada Golkar dan 'Golkas'. 'Golkas' itu golongan akal sehat di bawah pimpinan Erwin. Namanya saja Erwin Aksa, aksa itu akal sehat," jelas Rocky.


Simak Juga "Saat Sandi Ucapkan Terima Kasihnya pada Erwin Aksa":

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/eva)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed