DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 02:12 WIB

Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Digelar di Rokan Hulu Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Digelar di Rokan Hulu Riau Massa deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf di Rokan Hulu Riau. (Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru - Masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Riau menggelar deklarasi mendukung untuk Capres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Masyarakat juga siap memerangi hoax yang menyudutkan Jokowi.

Deklarasi ini digelar masyarakat di Desa Sontang, Kecamatan Bonai, Kabupaten Rohul, Minggu (24/3/2019). Acara ini ramai dihadiri masyarakat dari pelbagai kecamatan yang ada di sana.

Masyarakat desa datang berbondong-bondong untuk menghadiri deklarasi dukungan politik untuk Capres 01. Masyarakat setempat menilai, selama ini Jokowi menjadi korban fitnah atau kabar hoax.



"Kami masyarakat di Rohul, siap memenangkan Capres Pak Jokowi dan Pak Amin. Kami ingin Pak Jokowi bisa memimpin Indonesia untuk kedua kalinya," tutur Hermansyah (45) warga Rohul kepada detikcom.

Acara deklarasi tanpa melibatkan partai politik. Walau demikian, masyarakat hadir memenuhi lapangan terbuka di sana. Ada pula tokoh masyarakat yang dikenal sebagai orang partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Salah satu tokoh masyarakat Riau yang diundang hadir, Arsyadjuliandi Rachman (Andi Rachman). Mantan Gubernur Riau itu hadir di tengah masyarakat untuk menyaksikan deklarasi dukung Jokowi.

"Saya hadir hanya memenuhi undangan masyarakat setempat. Acara ini murni dilaksanakan masyarakat desa tanpa melibatkan Parpol," kata Andi kepada detikcom.



Menurut Andi, acara deklarasi yang digelar desa ini merupakan sikap politik masyarakat yang akan menyukseskan Pilpres mendukung 01. "Jadi ya murni dari masyarakat. Saya datang karena memenuhi undangan mereka," kata Andi.

Menurut Andi, selain deklarasi mendukung Capres 01, masyarakat juga bertekad melawan berita fitnah atau hoax yang menyebar lewat media sosial. Isi pernyataan sikap masyarakat Rohul adalah:

1. Mengecam dan menolak berbagai macam hoax/berita bohong dan fitnah yang tersebar di masyarakat dengan menjelek-jelek Presiden RI.
2. Bahwa untuk menjamin keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan nasional baik di bidang agama, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lain-lain memerlukan pemimpin yang pro rakyat, beriman, berpengalaman,jujur dan berkinerja baik.
3. Mendukung dan memenangkan dengan sungguh-sungguh pada Pemilu 17 Aprill 2019, pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

"Dalam deklarasi tadi kita tidak bicara target suara. Namun kita melihat antusiasnya masyarakat desa di Rohul yang siap memenangkan Jokowi," kata Andi Rachman yang juga Ketua DPD Golkar Riau itu.


Simak Juga "BPN Pede Prabowo Menang Tanpa Dukungan Konglomerat":

[Gambas:Video 20detik]


(cha/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed